Lee Chong Wei Calon Juara Terkuat di Superseries Finals

Kompas.com - 09/12/2013, 17:04 WIB
Tunggal putra Indonesia, Sony Dwi Kuncoro (kiri) sebagai runner-up Hongkong Open Superseries 2013, berdiri di podium bersama sang juara, Lee Chong Wei, di Hongkong Coliseum, Minggu (24/11/2013). PBSITunggal putra Indonesia, Sony Dwi Kuncoro (kiri) sebagai runner-up Hongkong Open Superseries 2013, berdiri di podium bersama sang juara, Lee Chong Wei, di Hongkong Coliseum, Minggu (24/11/2013).
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini


KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pada turnamen BWF Superseries Finals 2013 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, 11-15 Desember mendatang, prediksi kuat juara tunggal putra masih jatuh pada Lee Chong Wei. Bermain di kandang sendiri, pebulu tangkis 31 tahun ini memiliki kesempatan besar untuk merebut gelar ketujuhnya tahun ini.

Lee menjadi unggulan satu dan diuntungkan dengan dukungan penuh penonton di Kuala Lumpur Badminton Stadium. Selain itu, rival terkuatnya, Chen Long (China) yang merupakan juara bertahan, tak bisa mengikuti Superseries Finals tahun ini lantaran hanya berada di peringkat 11 superseries.

Tadinya, Chen berada di urutan delapan. Namun posisi tersebut direbut oleh tunggal Hongkong, Hu Yun, karena Chen absen pada turnamen superseries terakhir tahun ini, yakni Hongkong Open Superseries yang berlangsung November lalu.

Dari semua tunggal putra yang lolos, hanya Kenichi Tago (Jepang) yang pernah mengalahkan Lee baru-baru ini. Setelah 14 kali kalah dari Lee, Tago akhirnya mampu menaklukkan finalis World Championships 2013 tersebut pada babak semifinal French Open, Oktober lalu. Sebagai unggulan dua, Tago yang prestasinya kian meningkat ini dapat menjadi saingan berat untuk Lee.

Selain dua pemain tersebut, tunggal asal Denmark, Jan O Jorgensen juga lolos kualifikasi dengan membukukan peringkat tiga superseries. Jorgensen meraih gelar pertamanya tahun ini pada turnamen French Open setelah mengalahkan Tago di babak final.

Indonesia meloloskan dua wakil di turnamen ini, yakni Tommy Sugiarto, dan Sony Dwi Kuncoro. Berhasil meraih gelar Singapore Open Superseries, Juni lalu, membuat Tommy berada di peringkat empat superseries. Sementara Sony yang tidak mengantongi gelar superseries apa pun tahun ini, berada di urutan enam.

BWF Superseries Finals Nomor Tunggal Putra:
1. Lee Chong Wei (Malaysia)
2. Kenichi Tago (Jepang)
3. Jan O Jorgensen (Denmark)
4. Tommy Sugiarto (Indonesia)
5. Boonsak Ponsana (Thailand)
6. Sony Dwi Kuncoro (Indonesia)
7. Wang Zhengming (China)
8. Hu Yun (Hongkong)

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X