Tantangan Berat untuk Li Xuerui di Superseries Finals 2013

Kompas.com - 09/12/2013, 16:55 WIB
Pebulu tangkis Chin, Li Xuerui Li melakukan servis saat menghadapi sesama pemain China, Jiao Bing, pada babak kedua China Open Superseries Premier 2013 di Shanghai, Kamis (14/11/2013). Li menang 21-13, 21-10. AFP PHOTO/PETER PARKSPebulu tangkis Chin, Li Xuerui Li melakukan servis saat menghadapi sesama pemain China, Jiao Bing, pada babak kedua China Open Superseries Premier 2013 di Shanghai, Kamis (14/11/2013). Li menang 21-13, 21-10.
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Juara bertahan BWF Superseries Finals, Li Xuerui (China) akan mendapat tantangan berat tahun ini. Pada turnamen yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, 11-15 Desember tersebut, tujuh pesaing kuat akan ikut bertanding untuk menjadi juara Superseries Finals yang baru.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Li tak lagi menjadi unggulan satu. Meski masih konsisten sebagai pemain peringkat satu dunia, kali ini Li berada di urutan tiga superseries setelah mengantongi tiga gelar turnamen superseries, yakni India Open, Indonesia Open, dan China Open.

Rekan senegaranya, Wang Shixian, berada di peringkat satu superseries. Wang memang hanya mengantongi satu gelar, yakni French Open Superseries, Oktober lalu. Namun performa Wang sepanjang tahun sangat konsisten, ia bahkan berhasil mencapai final pada tiga turnamen superseries sebelum Superseries Finals.

China masih memiliki satu pemain kuat yang berada di peringkat delapan superseries, yakni Wang Yihan. Namun berdasarkan peraturan turnamen ini, satu negara hanya boleh mengirim maksimal dua wakil untuk satu nomor, sehingga posisi Wang Yihan terpaksa diganti oleh Tai Tzu Ying (Taiwan) yang berada di peringkat sembilan superseries.

Lawan kuat lain yang pantas mendapat perhatian lebih adalah Porntip Buranaprasertsuk yang berada di urutan empat. Ia menjadi satu-satunya wakil Thailand di ajang ini. Tunggal putri terbaik Thailand sekaligus Juara Dunia 2013, Ratchanok Intanon, tidak lolos kualifikasi karena hanya berada di peringkat 12 superseries.

Meski tidak mengantongi gelar superseries apa pun tahun ini, Buranaprasertsuk mampu mengalahkan Li pada tiga pertemuan mereka sepanjang 2013, yakni pada Korea Open, China Masters, dan Hongkong Open.

Empat tunggal putri lain yang akan bergabung untuk meramaikan ajang ini adalah Saina Nehwal (India), Bae Yeon-Ju (Korea), Minatsu Mitani (Jepang), dan Sung Ji-hyun (Korea). Dari delapan pemain yang akan mengikuti Superseris Finals, tidak ada yang meraih lebih dari tiga gelar superseries. Ini menunjukkan bahwa kekuatan pemain nomor tunggal putri cukup merata.

BWF Superseries Finals Nomor Tunggal Putri:
1. Wang Shixian (China)
2. Saina Nehwal (India)
3. Bae Yeon-ju (Korea)
4. Porntip Buranaprasertsuk (Thailand)
5. Li Xuerui (China)
6. Minatsu Mitani (Jepang)
7. Sung Ji-hyun (Korea)
8. Tai Tzu Ying (Taiwan)

Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X