Kompas.com - 29/11/2013, 13:33 WIB
Pelatih Brooklyn Nets, Jason Kidd (kiri) bersalaman dengan pemainnya, Kevin Garnett, saat timnya bertemu Los Angeles Lakers, di Barclays Center, Rabu (27/11/2013). AFP/NATHANIEL S BUTLER/NBAE via GETTY IMAGESPelatih Brooklyn Nets, Jason Kidd (kiri) bersalaman dengan pemainnya, Kevin Garnett, saat timnya bertemu Los Angeles Lakers, di Barclays Center, Rabu (27/11/2013).
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini
NEW YORK, KOMPAS.com — Pelatih Brooklyn Nets, Jason Kidd, didenda sebesar 50.000 dollar AS (sekitar Rp 600 juta) karena menumpahkan segelas soda ke lapangan dengan sengaja saat timnya bertanding melawan Los Angeles Lakers, di Barclays Center, Brooklyn, New York, Rabu (27/11/2013). Pengumuman tersebut keluar sehari setelah pertandingan, Kamis (28/11/2013).

Saat pertandingan tersisa 8,3 detik dan Nets kehabisan time out, Kidd yang saat itu sedang memegang segelas soda mengatakan, "Tabrak aku", kepada point guard timnya, Tyshawn Taylor, demi menghentikan pertandingan sehingga Nets dapat memikirkan satu strategi untuk menyerang lagi.

Setelah guard Lakers, Jodie Meeks, melakukan lemparan bebas pertama dari dua kesempatan dan membawa timnya memimpin 96-94, Taylor berjalan menuju Kidd yang berada di dekatnya untuk bertukar dengan Mirza Teletovic.

Namun, Taylor menabrak pelatihnya yang sedang memegang segelas soda yang akhirnya jatuh ke lapangan. Saat petugas membersihkan lapangan, Nets menyusun strategi bermain pada detik-detik terakhir.

Meeks melakukan tembakan bebas kedua, menambah skor Lakers menjadi 97-94. Kemudian, small forward Nets, Paul Pierce, gagal memasukkan tembakan tiga angka untuk menyamakan skor. Nets pun kalah dengan skor akhir 94-99.

"Gelas itu terlepas dari tangan saya saat Ty tak sengaja menabrak. Saat pertarungan sengit terjadi, saya berusaha mengatur keluar-masuknya pemain, tapi tanpa sengaja gelas itu terjatuh," aku Kidd, yang pernah jadi pemain Nets pada 2001-2008.

Taylor juga menampik tuduhan bahwa Kidd sengaja menyuruhnya untuk menabrak pelatihnya tersebut, seperti yang terlihat pada rekaman video.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak, Kidd tidak bilang begitu. Saya sama sekali tidak memperhatikan. Saya hanya tidak sengaja menabraknya. Saya bahkan tidak tahu dia sedang memegang sesuatu," kata Taylor.

"Memang hal itu bisa menghentikan pertandingan meski kamu tidak memiliki time out lagi, tapi saya sama sekali tidak memikirkan itu. Saya hanya ingin keluar dari lapangan dan dia (Kidd) menghalangi jalan saya," tambah Taylor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ESPN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.