Kompas.com - 26/11/2013, 20:16 WIB
EditorErvan Hardoko

MANILA, KOMPAS.com — Rekening milik petinju legendaris Filipina, Manny Pacquiao, dibekukan pengadilan setelah muncul tuduhan ia tidak membayar pajak jutaan dollar.

Para pejabat mengatakan, pajak yang tidak dibayarkan tersebut berasal dari penerimaan pertandingan-pertandingan tinju di Amerika Serikat pada 2008-2009. Pacquiao menolak tuduhan ini dengan menegaskan bahwa semua kewajiban pajaknya sudah ia penuhi.

Petinju yang juga politisi ini menjelaskan bahwa ia membayar pajak di Amerika setelah mengalahkan Ricky Hatton dan Oscar de la Hoya dan berdasarkan satu perjanjian, ia tidak diwajibkan membayar lagi pajak di Filipina.

Penyelidikan pidana atas kasus ini sudah dihentikan. Namun, penyelidikan perdata masih tetap berlanjut, menurut kantor berita Associated Press. Pembekuan rekening dilakukan hanya beberapa hari setelah Pacquiao merebut gelar juara dunia di kelas welter di Makau.

Akibat pembekuan rekening ini, Pacquiao mengatakan ia belum bisa memenuhi janji membantu para korban topan Haiyan, topan paling dahsyat tahun ini, yang menghantam kawasan Filipina tengah beberapa hari lalu.

Pacquiao dilaporkan meminjam 1 juta peso atau sekitar 22.700 dollar AS untuk membantu korban Haiyan. Ia juga berencana meminjam uang lagi untuk memenuhi janjinya.

Terjangan topan Haiyan menyebabkan 5.200 orang tewas dan banyak daerah yang rata dengan tanah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.