Kemenangan Pacquiao Bangkitkan Semangat Korban Bencana Topan Haiyan

Kompas.com - 26/11/2013, 17:10 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini
TACLOBAN, KOMPAS.com - Di tengah bencana yang tengah melanda, warga Filipina merayakan kemenangan petinju nasional mereka, Manny Pacquiao, atas petinju Amerika Serikat, Brandon Rios. Pacquiao mendedikasikan kemenangan pada Minggu (24/11/2013) tersebut, untuk korban bencana badai topan Haiyan, di Tacloban, Filipina.

Para korban bencana yang kehilangan rumah serta anggota keluarga, bersama-sama menonton momen kemenangan tersebut di tempat evakuasi.

"Saya sangat senang dia menang. Ini adalah kemenangan untuk semua warga Filipina. Tentu saja ini akan membangkitkan semangat kami, terutama para korban topan Haiyan," aku Mario Penaflor, salah satu korban bencana yang ikut merayakan kemenangan Pacquiao.

Topan Haiyan yang menerjang Tacloban pada awal November, telah menelan lebih dari 7000 korban. Bencana ini dikatakan sebagai bencana terbesar setelah tsunami yang menerpa pulau Sumatera bagian barat pada 26 Desember 2004.

AFP PHOTO/JAy DIRECTO Ribuan warga FIlipina yang jadi korbab topan Haiyan, menyaksikan pertandingan tinju antara Manny Pacquiao dan petinju Amerika Serikat, Brandon Rios, lewat layar besar yang dipasang di lapangan umum, Manila, Minggu (24/11/2013).
Perebutan titel World Boxing Organisation (WBO) International kelas welter antara Pacquiao dan Rios memang disiarkan secara terbuka di Tacloban untuk membangkitkan kembali semangat para korban bencana alam tersebut.

Kepala Militer Filipina, Letnan Jenderal Noel Coballes mengatakan, penghargaan militer khusus untuk Pacquaio yang merupakan letnan kolonel cadangan di kemiliteran mungkin saja diperpanjang karena kemenangannya itu.

"Dia membawa kebahagiaan di tengah krisis ini. Nanti kita lihat apa yang kami bisa berikan untuknya," kata Coballes.

"Seperti Manny, kami akan berjuang keras untuk mengatasi masalah ini bersama-sama. Pada pertarungan sengit itu, dia telah menunjukkan kekuatan serta karakter orang Filipina," kata Herminio Coloma, juru bicara Presiden Filipina, Benigno Aquino.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber NDTV
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.