Kompas.com - 16/11/2013, 15:18 WIB
Pebalap Indonesia, Yoga Adi Pratama (depan) saat membalap di seri pertama Yamaha Cup Race di Cimahi, Bandung. YAMAHAPebalap Indonesia, Yoga Adi Pratama (depan) saat membalap di seri pertama Yamaha Cup Race di Cimahi, Bandung.
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini
BOGOR, KOMPAS.com — Enam seri New Race Culture Yamaha Cup Race 2013 telah rampung. Kini saatnya penentuan pebalap terbaik di babak final yang akan berlangsung di Sentul International Karting Circuit, 16–17 November. Final Yamaha Cup Race ini menjadi seleksi akhir menuju ASEAN Cup Race yang juga akan berlangsung di Sentul, 30 November-1 Desember.

New Race Culture memberikan perubahan positif dan lebih profesional bagi tim dan pebalap. Tidak hanya mengejar gelar, tapi perilaku pebalap dibentuk agar lebih profesional dengan melatih mereka berbicara di depan pers, cara berpenampilan yang baik, dan lain-lain.

Sedangkan untuk tim, mereka harus menjaga kebersihan paddock, menyusun kelengkapan alat, dan peduli lingkungan. "Perubahan positif tersebut tergambar dari antusias yang tinggi dari para pebalap muda Yamaha untuk mengikuti Final Yamaha Cup Race (YCR) tahun ini," ujar Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia, seperti rilis yang diterima Kompas.com.

Dari enam seri YCR yang digelar berurutan mulai dari Cimahi (Bandung), Medan, Pekalongan, Makassar, Bangka, dan Padang, terpilih 10 pebalap terbaik yang berhak melaju ke final dari tiap-tiap daerah.

Dari satu kelas, diambil dua pebalap dengan poin tertinggi, baik untuk kelas YCR1 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded), YCR2 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Seeded), YCR3 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Pemula), YCR4 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Pemula), dan YCR6 (Bebek 4 Tak 110 cc Standard Pemula).

Tingginya animo peserta mengikuti final YCR mengharuskan panitia menggelar babak kualifikasi pada Sabtu (16/11/2013), yang diikuti 30 peserta umum dan akan diambil 12 terbaik tiap kelasnya. Selanjutnya mereka akan mengikuti superpole sehingga akan terseleksi 28 pebalap (16 sudah terdaftar, ditambah 12 dari peserta babak kualifikasi) untuk kelas YCR1, YCR2, YCR3, YCR4.

Untuk kelas YCR6 akan terpilih 24 pebalap terbaik (12 yang sudah terdaftar dan 12 peserta babak kualifikasi) yang berhak mengikuti superpole. Hasil superpole hari ini akan menentukan posisi starting grid pada balapan yang sesungguhnya, Minggu (17/11/2013).

Penentuan poin terbaik tahun ini mengalami perubahan dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu poin terbaik hanya dihitung dari total poin final YCR2 ditambah total poin final YCR4. Sedangkan tahun ini poin terbaik dihitung dari total poin seri YCR ditambah total poin final YCR1 ditambah total poin final YCR2. Dengan hasil ini, semua pebalap memiliki peluang untuk ke ASEAN Cup Race.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X