Kompas.com - 09/11/2013, 21:40 WIB
Penulis Susi Ivvaty
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim voli pantai putra nomor satu Indonesia, pasangan Ade Candra Rachmawan/Koko Prasetyo, menjuarai kompetisi El John Voli Pantai Asia Pasifik Terbuka di Parai Beach Pulau Bangka, Sabtu (9/11/2013). Sayang, tim putri pasangan Ni Putu Dini Jasita Utami/Dhita Juliana gagal untuk menyandingkan gelar dan meraih runnep-up.

Koko/Candra merebut hadiah 3.000 dolllar AS setelah di babak final mengalahkan pasangan Thailand 2 (Sedtawat Padsawud/Chairat Hanarsa) dengan skor 2-0. Adapun Dini/Dhita dikalahkan pasangan Thailand 1 (Yupa Phokongploy/Usa Tenpaksee) dengan skor 0-2 dan berhak meraih hadiah 250 dollar AS.

"Bukannya meremehkan, tapi kami sudah mencermati kelebihan dan kelemahan lawan. Kelemahan itu sudah kami antisipasi dan persiapan. Jadi tidak terlalu sulit mengatasi Thailand," kata Candra ketika dihubungi.

Perjalanan Koko/Candra mulus saja sejak dari babak penyisihan di kompetisi yang diikuti tujuh negara ini. Di pul A, Koko/Candra menekuk Thailand 2 (21-16, 21-9) dan Malaysia (21-13, 21-12) dengan mudah. Di babak selanjutnya, Koko/Candra menumbangkan pasangan Selandia Baru Sam O'dea/Michael Watson dengan skor 2-0 (21-14, 21-17) dan di perempat final mengatasi pasangan selandia baru lainnya Ben O'dea/Thomas Hartles 2-1 (14-21, 21-16, 15-12).
Koko/Candra bertemu lagi dengan Sam/Watson di semifinal dan menang mudah 2-0.

Di final, pasangan terkuat Indonesia ini pun menekuk dengan sangat mudah Thailand 2, Padsawud/Hanarsa.

Peringkat ketiga putra diraih Sam /Watson yang mengalahkan pasangan Indonesia lain Fahriansyah/Muhammad Bastomi. Sam/Watson meraih hadiah 2.000 dollar AS sedangkan Fahri/Bastomi mendapat 1.500 dollar AS.

Kompetisi voli pantai tur Asia Pasifik ini digelar secara rutin setiap tahun. Indonesia biasanya dua kali menggelar kompetisi ini. Pasangan Koko/Candra mampu menang dengan mudah (kecuali ketika melawan Ben O'dea/Thomas Hartles) karena lawan-lawan tangguh dari jazirah Arab tidak ikut. Tim-tim kuat dari Oman, Iran, dan Qatar saat ini sedang mengikuti Arab Games sehingga absen di tur kali ini. Pada hajatan Islamic Solidarity Games 2013 di Palembang, Koko/Candra dikalahkan pasangan Oman di babak final.

Gemas

Pasangan Dini/Dhita selama ini memang belum pernah mengalahkan pasangan Thailand yang meski berganti-ganti pasangan namun tetap tangguh. Phokongploy kadang berpasangan dengan Kulna Kamoltip dan kini dengan Tenpaksee. Tenpaksee pun demikian, berganti-ganti pasangan namun selalu mengatasi pasangan Indonesia. Hal ini membuat Dini dan Dhita gemas.

"Kami sudah berusaha semaksimal mungkin, penginnya sih bisa menang. Tapi Thailand lebih kuat," kata Dini.

Peringkat ketiga putri diraih pasangan Thailand 2, Ariya Laosaengsa/Kijja Khantarak dan peringkat keempat pasangan Indonesia 2, Nanda Ragillia/Rizky Dwi Andriani.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X