Kompas.com - 08/11/2013, 14:41 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini
VALENCIA, KOMPAS.com — Pebalap Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo, masih memiliki peluang meraih gelar juara dunia untuk kali ketiga pada seri terakhir di Valencia, 8-10 November. Pebalap Spanyol ini sadar bahwa jalan untuk mewujudkan ambisi tersebut tidak akan mudah.

Rival terkuatnya yang merupakan pebalap Honda, Marc Marquez, masih memimpin klasemen dengan 318 poin. Sementara Lorenzo berada di urutan dua dengan 305. Dengan selisih 13 poin, meski Lorenzo finis di urutan pertama dan mendapat 25 poin, Marquez tetap akan menjadi juara dunia jika bisa finis empat besar.

"Dua balapan sebelum ini sangat penting. Di Phillip Island (Australia) kami sangat beruntung karena kesalahan Marc. Dia sangat kuat dan sulit untuk menang darinya. Kami juga memacu motor dengan luar biasa di Jepang, rumah Honda," kata Lorenzo.

"Jadi, sekarang kami dalam kondisi bagus dan sampai ke Valencia dengan kesempatan jadi juara dunia yang masih terbuka. Kami bangga karena tidak menyerah pada titik mana pun sepanjang musim ini. Saya juga meraih juara terbanyak musim ini (tujuh seri), jadi kami cukup senang."

Lorenzo mengalami kecelakaan saat membalap di Assen, Belanda. Cedera collarbone (tulang selangka) kiri yang ia dapatkan semakin parah saat kembali mendapat kecelakaan di Jerman. Hal ini menyebabkan Lorenzo kehilangan beberapa kesempatan untuk merebut poin yang ia butuhkan.

"Ada beberapa seri yang saya coba menangi pascacedera di Jerman, tetapi kami tidak bisa mengungguli Marc dan Dani (Pedrosa) hingga akhirnya finis ketiga. Saya kalah dan tertinggal 13 poin (dari Marquez), tetapi saya memenangi sebagian besar balapan. Jadi, saya tidak menyesali apa pun. Hanya berusaha belajar dari kesalahan untuk ke depannya. Sekarang kami menghadapi situasi seperti ini dan harus memainkan kartu yang kami miliki sebaik mungkin."

"Saya yakin Valentino (Rossi) mau dan bisa membantu saya, seperti saya ingin membantunya jika ia berada di situasi seperti ini. Tetapi, yang terpenting adalah selalu menjadi yang tercepat. Jika kurang cepat, kamu akan kehilangan poin," tandas Lorenzo.

Sebelumnya, Rossi memang memberikan pernyataan bahwa ia bersedia membantu Lorenzo untuk mendapat gelar juara dunia musim ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber crashnet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.