Aprilia Kembali ke MotoGP sebagai Tim Pabrikan

Kompas.com - 06/11/2013, 09:38 WIB
Motor Aprilia yang dipakai Eugene Laverty pada WSBK Australia 2013. CRASH.NETMotor Aprilia yang dipakai Eugene Laverty pada WSBK Australia 2013.
EditorPipit Puspita Rini
NOALE, KOMPAS.com - Aprilia akan kembali sebagai tim pabrikan pada MotoGP 2016. Pengumuman ini dikeluarkan bos Piaggio (induk perusahaan Aprilia), Roberto Colaninno, pada International Motorcycle Exhibition di Milan, Italia.

"Kami harus bekerja keras dalam dua tahun di depan," kata Colaninno. "Tujuan kami adalah menang, seperti yang kami lakukan di Superbike."

Aprilia terakhir ambil bagian di MotoGP pada 2004, dengan Shane Byrne dan Jeremy McWilliams membalap memakai prototipe motor tiga silinder RS Cube. Aprilia kembali ke kelas primer tapi di bawah bendera Claiming Rule Teams (CRT) pada 2012, dengan menawarkan versi modifikasi dari motor yang dipakai untuk Superbike, RSV4.

ART memenangi MotoGP untuk klasfikasi CRT dalam dua tahun terakhir, lewat pebalap Aspar, Aleix Espargaro. Aprilia menegaskan akan meningkatkan secara signifikan kualitas mesin mereka demi bersaing dengan mesin produksi Honda dan Yamaha, di kelas baru bernama 'open', mulai 2014.

Tetapi, tiba-tiba ART digoncang dengan keluarnya salah satu bos mereka, Gigi Dall'Igna ke Ducati. Hal ini berefek dengan pindahnya Aspar dan Cardion AB yang memilih untuk memakai Honda Production Racer, musim depan. Ini juga yang mungkin jadi alasan utama mengapa akhirnya Aprilia memilih kembali ke MotoGP sebagai tim pabrikan pada 2016.

Aprilia terkenal sebagai salah satu penguasa di kelas 125cc dan 250cc. Mereka akan segera menjajaki persaingan tim pabrikan di kelas primer, bersaing dengan Honda, Yamaha, dan Ducati, serta Suzuki yang akan kembali pada 2015.

Baca tentang


Sumber crashnet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X