Kompas.com - 27/10/2013, 14:35 WIB
Pereli Indonesia, Subhan Aksa memacu mobilnya pada RACC Rally Spanyol yang berlangsung di Salou, Sabtu (26/10/2013). MOTORSPORTS/FELDANI EFFENDYPereli Indonesia, Subhan Aksa memacu mobilnya pada RACC Rally Spanyol yang berlangsung di Salou, Sabtu (26/10/2013).
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini
SALOU, KOMPAS.com – Pereli Indonesia, Subhan "Ubang" Aksa, telah melalui enam Special Stage (SS) pada RACC Rally Spanyol yang berlangsung di Salou, Sabtu (26/10/2013). Hingga SS6, Ubang berada di posisi lima WRC-2.

Tiga SS awal yang berlangsung pada Jumat (27/10/2013) malam, dilewati Ubang dengan penuh kewaspadaan. Ia sangat berhati-hati saat memacu mobilnya di lintasan.

"Masih sedikit kurang percaya diri untuk tancap gas maksimal. Kami lalui dengan hati-hati. Terutama dengan keadaan yang gelap ditambah lintasan SS yang sebagian baru pertama kali ini saya lewati. Selain itu, pacenote-nya masih baru, belum betul-betul meyakinkan," ujar pereli Bosowa Fastron Rally Team (FBRT) ini yang akhirnya menyelesaikan tiga SS di posisi enam besar.

Ubang menjalani tiga SS berikutnya pada Sabtu (25/10/2013). Bersama navigator Nicola Arena, Ubang mencoba meningkatkan kecepatan untuk mendongkrak posisi. Pelan tapi pasti, mereka mulai bisa mengimbangi sejumlah pereli di atasnya. Hingga SS6 berakhir, posisi Ubang naik satu tingkat ke posisi lima besar.

“Peta persaingan belum terlalu jelas dan masih sangat mungkin terjadi pergeseran posisi. Urutan 1 sampai 7 besar hanya dipisahkan selisih waktu di bawah 12 menit, sementara perjalanan masih panjang. Buat saya sendiri, hasil sementara ini sangat memuaskan,” papar Ubang.

Ubang merasa SS5 merupakan yang paling berat. Lintasan bernama El Priorat itu memiliki jarak paling jauh, yaitu 42 km dan penuh tikungan tajam yang menyiksa kinerja rem. Akibatnya, mobil R5 yang dipakai Ubang pun sempat kehilangan fungsi rem pada beberapa kilometer terakhir. Ia harus melambat dan akhirnya finis ke-7 di lokasi itu.

Sementara ini ada empat pereli WRC-2 di atas Ubang. Posisi pertama ditempati oleh mantan pebalap Formula 1, Robert Kubica (Polandia) yang memenangi seluruh SS awal. Posisi kedua ditempati Elvyn Evans (Inggris), diikuti Sepp Wigand (Jerman), dan Yazeed Al Rahji (Arab Saudi).

“Sekarang yang penting adalah mempertahankan posisi, syukur kalau bisa naik setingkat lagi. Dari situ akan kami tentukan langkah berikutnya. Insya Allah semuanya lancar dan bisa finis dengan posisi lebih baik,” tandas Ubang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X