Balapan Malam Jadi Tantangan Menarik untuk Subhan Aksa

Kompas.com - 24/10/2013, 22:44 WIB
Pereli Indonesia, Subhan Aksa (kiri) berpose di samping mobilnya usai melakukan recce (survei lintasan) hari kedua, di Salou, Spanyol, Kamis (24/10/2013). MOTORSPORTS/FELDANI EFFENDYPereli Indonesia, Subhan Aksa (kiri) berpose di samping mobilnya usai melakukan recce (survei lintasan) hari kedua, di Salou, Spanyol, Kamis (24/10/2013).
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini
SALOU, KOMPAS.com — Tiga Special Stage (SS) awal RACC Rally Spanyol akan berlangsung di Riudecanyes, Salou, Spanyol, pada Jumat (25/10/2013). Pereli Indonesia, Subhan "Ubang" Aksa beserta pereli lainnya akan memulai balapan pada pukul 20.03 waktu Spanyol (01.03 WIB) dan berlangsung hingga tengah malam. Sementara itu, SS4 akan dimulai di tempat yang sama, Sabtu (26/10/2013) pukul 09.05.

“Ini kondisi yang jarang terjadi, khususnya buat saya di reli nasional. Tapi ini akan jadi tantangan menarik sebagai ajang cari pengalaman. Ini langka,” ujar Ubang yang akan membalap di kelas WRC-2, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (24/10/2013).

Ubang mengatakan, hal terpenting yang harus ia lakukan adalah persiapan ekstra, mulai dari aspek teknis hingga strategi dan kebugaran fisik. Ia harus bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar untuk bisa melanjutkan balapan keesokan harinya. Hal yang sama berlaku untuk Nicola Arena, navigator profesional asal Italia yang akan mendampingi Ubang sepanjang musim ini.

“Saya ingin fokus pada tiga SS awal terlebih dahulu, setelah itu baru memikirkan step berikutnya berdasarkan kondisi terakhir. SS4 sampai SS9 berlangsung siang hari dan semuanya aspal. Pada hari terakhir (Minggu, 27/10/2013) baru ketemu lintasan gravel. Itupun ada dua SS yang 'gado-gado', campuran aspal dan tanah."

"Sebelum sampai ke sana, target pertama adalah bagaimana melewati malam pertama dengan kompetitif. Hasil di sini akan sangat memengaruhi perjalanan berikutnya,” ucap Ubang yang merupakan pebalap Bosowa Fastron Rally Team (BFRT).

Nicola juga optimistis Ubang bisa meraih hasil positif di Spanyol. "Semua hal harus saya sesuaikan dengan driving style-nya Subhan. Ia tak harus setuju dengan masukan saya. Itu penting karena ia yang mengambil keputusan di dalam kokpit."

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X