Aero Sutan Aswar Juara Tiga Jetski Sedunia - Kompas.com

Aero Sutan Aswar Juara Tiga Jetski Sedunia

Kompas.com - 16/10/2013, 20:37 WIB
Dok Aero Sutan Aswar.
JAKARTA, Kompas.com - Atlet jetski Aero Sutan Aswar (19)  merebut juara ketiga untuk nomor bergengsi Grand Prix Runabout di kompetisi jetski dunia, World Finals.

Kompetisi ini digelar pada 5-13 Oktober 2013 di Lake Havasu Arizona Amerika Serikat. Menjadi juara ketiga berarti memenuhi target minimal Aero.

Sebelum berangkat, Aero memang bertekad meraih posisi tiga besar. Minimal juara ketiga dan target ambisius juara pertama. Ayah Aero yang sekaligus manajer, Saiful "Fully" Sutan Aswar mengatakan, pada babak penyisihan Aero sempat meraih posisi pertama dari 46 peserta di kelas GP Runabout.

Kelas ini adalah kelas bergengsi yang diikuti oleh pejetski-pejetski tercepat sedunia. "Moto-1 Aero melesat maju ke depan mencapai posisi pertama, Moto-2 Aero berada di posisi ketiga karena mengalami sedikit gangguan di ECU-nya (Electronic Control Unit) di lap atau putaran empat terakhir dari 14 lap," kata Fully ketika dihubungi, Rabu (16/10).

Aero maupun Fully tidak menyangka akan terjadi gangguan ECU di balapan yang satu lap-nya berjarak 3,2 kilometer ini. "Tapi nggak apa-apa. Aero juga meraih record start tercepat dengan 56,7 detik, ini start tercepat yang pertama kali terjadi di kejuaraan dunia jetski," papar Fully.  

World Finals diikuti oleh 48 negara dengan peserta lebih dari 700 pejetski. Dengan banyaknya kelas yang dipertandingkan, sehari rata-rata dilakukan 72 kali start.

Adik Aero, Aqsa Sutan Aswar (14) meraih posisi ke-7 di kelas Pro-Am Runabout Limited. "Sama, ada gangguan ECU di jetski Aqsa," ujar Fully.


EditorTjahjo Sasongko

Close Ads X