Kompas.com - 13/10/2013, 12:10 WIB
ISG, ilustrasi ISG, ilustrasi
EditorTjahjo Sasongko

PALEMBANG, Kompaas.com — Panitia pelaksana perhelatan olahraga negara-negara Islam atau "Islamic Solidarity Games" membayar honor petugas dan pemandu lapangan di Palembang, 10-13 Oktober 2013.

"Honor telah dibayarkan secara bertahap sesuai dengan bidang kerja masing-masing, seperti pemandu lapangan (liaison officer/LO), para sukarelawan (volunteer), para petugas kebersihan, dan lainnya di Gedung KONI Sumsel selama tiga hari 10-13 Oktober," kata Wakil Ketua Deputi II (bidang Sumber Daya Manusia) Panitia Pelaksana Islamic Solidarity Games III (InaISGOC) Dhenie Zainal di Palembang, Minggu.

Ia mengemukakan, panitia pelaksana telah mengalokasikan dana untuk pembayaran honor tersebut sehingga sejak awal meminta para petugas lapangan tidak resah.

"Proses pencairan dana tersebut sedikit terhambat mengingat panitia harus berkoordinasi dengan bidang-bidang lainnya. Setelah diturunkan beberapa hari lalu, honor pun segera dibagikan atau tidak ditahan-tahan lagi," ujarnya.

Ia menambahkan, dana untuk honor LO mengalami pembengkakan signifikan seiring dengan penambahan negara peserta dari 25 menjadi 46 negara. Penambahan peserta membuat total LO yang awalnya diproyeksi berjumlah 180 orang menjadi 470 orang.

Para petugas lapangan itu pada umumnya direkrut dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Palembang dengan kemahiran berbahasa Arab, Inggris, dan Perancis bertugas dari 22 September-1 Oktober 2013.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, LO Chef de Mission (CDM) Beni Hidayat mengatakan mendapatkan honor Rp 200 ribu per hari atau total diterima Rp 2,6 juta untuk 13 hari kerja. Jumlah tersebut masih dipotong Pajak Penghasilan (PPh) sebesar 6 persen, sehingga jumlah yang diterima tinggal Rp 2,44 juta. "Sementara ini, panitia menginformasikan bahwa honor rata-rata dengan 13 hari kerja, kemudian dipertimbangkan bagi petugas yang bekerja sejak sebelum pembukaan," kata Beni.

Sebanyak 46 negara terdiri atas 1.677 orang atlet dan 599 orang ofisial terlibat dalam perhelatan olahraga multievent ini, yakni Aljazair, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sudan, Suriah, Tajikistan, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA).

Kemudian, Uganda, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, Libanon, Tunisia, Somalia, Bahrain, Jibouti, Bangladesh, Chad, Komoro, Sierra Lione, dan Mali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.