Kompas.com - 19/09/2013, 12:36 WIB
Pebalap Cardion AB, Karel Abraham, memacu motornya di Sirkuit Misano pada GP San Marino, Minggu (15/9/2013). CRASH.NETPebalap Cardion AB, Karel Abraham, memacu motornya di Sirkuit Misano pada GP San Marino, Minggu (15/9/2013).
EditorPipit Puspita Rini
PRAHA, KOMPAS.com — Karel Abraham akan absen di lima seri tersisa MotoGP, musim ini. Pebalap Ceko ini harus menjalani operasi untuk memulihkan cedera pada bahu kirinya, Oktober mendatang.

Abraham mendapat kecelakaan pada sesi latihan bebas GP Indianapolis, Agustus lalu, yang menyebabkan kerusakan pada bahu kirinya. Dari hasil MRI, pekan lalu, pebalap Cardion AB Motoracing ini membutuhkan operasi untuk memperbaiki bahu kirinya.

Pada GP San Marino, akhir pekan lalu, Abraham harus berhenti sebelum balapan berakhir karena rasa sakit yang tak tertahankan. Keputusan pun diambil, pebalap 23 tahun ini harus menjalani operasi.

"Prosedur pemulihan saat ini bertujuan untuk semaksimal mungkin menembangkan fungsi bahu kirinya," kata Igor Cizmar, dokter yang akan mengoperasi Abraham dari Department of Traumatology, University Hospital, di Olomouc.

Dengan keputusan ini, berarti Cardion AB harus mencari pebalap pengganti. "Tujuan kami adalah mencari rider bagus yang bisa membalap setelah Aragon, pekan depan," kata Karel Abraham Senior, manajer tim yang juga ayah Karel.

"Kami sebenarnya mempertimbangkan untuk memakai pebalap Ceko, tetapi promotor (Dorna) maupun asosiasi (IRTA) tidak merekomendasikannya karena alasan keselamatan. Prioritasnya adalah pebalap berpengalaman, baik di MotoGP maupun WSBK (Superbike)," tambah Abraham.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.