Kompas.com - 19/09/2013, 05:26 WIB
Para atlet renang DKI mendominasi ajang Popnas XII/2013, 14-20 September 2013 Tjahjo Sasongko/Kompas.comPara atlet renang DKI mendominasi ajang Popnas XII/2013, 14-20 September 2013
|
EditorTjahjo Sasongko

JAKARTA, KOMPAS.com — Keberhasilan tim DKI Jakarta merajai arena renang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XII/2013 menunjukkan keberhasilan pada sistem pembinaan atlet yunior.

Hal ini diungkap oleh Tedi Cahyono, penanggung jawab kontingen DKI di ajang Popnas XII/2013 yang berlangsung pada 14-20 September ini. Para atlet DKI merebut 16 medali emas, 6 perak, dan 5 perunggu, diikuti Jawa Timur dengan 7 emas, 7 perak, dan 9 perunggu, serta Jawa Barat (3-5-8).

"Saya selalu katakan tidak ada atlet terlatih. Yang ada adalah atlet yang terus berlatih," kata Tedi seusai keberhasilan tim DKI, Rabu (18/9/2013). "Bila terus berlatih, kita boleh-lah optimistis menghadapi PON remaja tahun depan."

Tedi juga mengatakan keberhasilan tim renang DKI di ajang Popnas seharusnya menjadi tanda kebangkitan renang di Jakarta. "Meski kita memang tertolong kebijakan PB PRSI yang melarang para atlet pelatnas ikut ajang ini, toh untuk tingkat pelajar, kita sudah tunjukkan kita memiliki bibit yang tidak sedikit," lanjutnya.

Para atlet usia pelajar yang kini masuk pelatnas SEA Games memang dilarang memperkuat daerah masing-masing dalam ajang Popnas XII. Para atlet tersebut antara lain Ricky Anggawijaya, Satrio Bagaskara dari Jawa Barat, serta para perenang putri Jawa Tengah, seperti Sagita Puteri, Kavita, ataupun Nurul dari Jawa Timur.

Namun, beberapa daerah masih diperkuat atlet renang peraih medali di pekan Olah Raga Nasional (PON) Riau 2012, seperti Muh Hamgari dari Sulawesi Selatan.

Adapun untuk mengembalikan pamor DKI di cabang renang, Pemprov DKI akan membangun stadion renang berstandar internasional di wilayah Rawamangun. "Selama ini kita belum memiliki kolam renang standar internasional. Dengan adanya kolam ini, kita tidak lagi tergantung dengan kolam renang Senayan yang sebenarnya juga tidak memenuhi standar internasional," kata Tedi lagi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut perolehan medali renang Popnas XII/2013:
1. DKI Jakarta      16   6   5
2. Jawa Timur        7   7   9
3. Jawa Barat        3   5   8
4. Sulawesi Selatan  3   0   0
5. Jawa Tengah       2   1   3
6. Kaltim            1   3   0
7. Banten            1   1   1
8. Bali              0   4   3
9. Riau              0   2   3
10. DI Yogyakarta    0   2   0



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X