Jelajah Sepeda Injakkan Kaki di Garis Khatulistiwa

Kompas.com - 12/09/2013, 10:53 WIB
Peserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN foto bersama di Tugu Khatulistiwa, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Kamis (12/9/2013). KOMPAS TV/ARLISTA HADHI PUTRIPeserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN foto bersama di Tugu Khatulistiwa, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Kamis (12/9/2013).
|
EditorPipit Puspita Rini
JAKARTA, KOMPAS.com - Tak terasa, Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN telah berada di wilayah Sumatera Barat. Peserta kini menjalani etape XII, dari Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menuju Bukit Tinggi, sejauh 78 kilometer (km), Kamis (12/9/2013).

Setelah gowes sepanjang 25 km, mereka melintasi garis Khatulistiwa yang berada di Kecamatan Bonjol, Pasaman. Peserta yang hari ini mengenakan seragam oranye berhenti di Tugu Khatulistiwa untuk mengabadikan gambar.

Tugu Khatulistiwa di Bonjol ini tidak terlalu besar dibanding yang berada di Pontianak, Kalimantan Barat. Namun, salah satu peserta dari Jakarta, Anan Priyanto mengaku sangat beruntung dapat menginjakan kaki di garis Khatulistiwa itu. Gowes dari Lubuk Sikaping ke Bonjol menurutnya juga belum terlalu berat.

"Kita dikasih bonus, jalan turunan sampai Tugu Khatulistiwa. Selepas tugu, siap nanjak 50 km tampa putus," kata Anan saat dihubungi Kompas.com, Kamis.

Peserta yang berjumlah 46 ini juga menyempatkan diri untuk melakukan penanaman pohon, di antaranya pohon matoa, mahoni, ketapang, gaharu, dan durian

Saat ini mereka melanjutkan gowes menuju Bukit Tinggi. Jalur yang dilalui berbukit dan peserta akan lebih banyak menjajal kontur menanjak. Mereka akan mengayuh pedal-pedal sepeda mulai dari ketinggian 200 meter dari permukaan laut (mdpl) hingga 958 mdpl.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X