Kompas.com - 11/09/2013, 10:48 WIB
|
EditorPipit Puspita Rini
JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Jelajah Sepeda Sabang-Padang bersama Kompas-PGN telah meninggalkan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Rabu (11/9/2013). Mereka akan melanjutkan etape XI, Kotanopan-Lubuk Sikaping, sejauh 101 kilometer (km).

Kebanyakan peserta mengaku baru kali ini mengunjungi Kotanopan. Nama daerah itu juga masih terdengar asing di telinga mereka. "Belum pernah dengar daerah Kotanopan sebelum mengikuti Jelajah Sepeda ini," ujar Bagus Abdurrahman Wahid, salah satu peserta dari Yogyakarta.

Di sana, mata peserta dimanjakan dengan pemandangan perbukitan. Jelajah Sepeda lebih banyak menjajal jalur menurun dibanding etape sebelumnya. "Jalan relatif datar bahkan masih banyak turunan menuju Kota Nopan. Pemandangannya bukit-bukit begitu memasuki Mandailing Natal," terang Bagus.

Hal sama diungkapkan Aep Barli, peserta asal Bandung. Jelajah Sepeda dinilai telah membuatnya lebih mengenal banyak wilayah di Indonesia. Kali ini, mulai dari Sabang sampai Padang. "Jujur, ini pengalaman luar biasa bagi saya. Apalagi, daerah Sabang karena keelokannya dan Aceh karena peritiwa tsunami," ucap Barli.

Dia juga terkesan dengan reaksi masyarakat di setiap daerah yang dilewati. Rombongan bersepeda itu selalu disambut dengan hangat dengan senyum yang ramah.

"Masyarakat yang dilewati sangat-sangat bersahabat. Di beberapa titik saya sempat berhenti hanya untuk ambil foto anak-anak yang sangat antuasias menyambut kita," kenangnya.

Dengan meninggalkan Kotanopan, tim Jelajah Sepeda sekaligus mengakhiri perjalanan di wilayah Sumatera Utara. Mereka akan memasuki wilayah Sumatera Barat, setelah menempuh jarak sepanjang 33 km dari Kotanopan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.