Kompas.com - 09/09/2013, 12:13 WIB
|
EditorPipit Puspita Rini
JAKARTA, KOMPAS.com - Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN dibagi menjadi 13 etape yang harus diselesaikan selama 13 hari. Saat ini mereka harus melahap etape 9, yaitu Tarutung-Padang Sidempuan sejauh 111 kilometer (km), Senin (9/9/2013).

Berikut rute yang telah dilewati tim Jelajah Sepeda Sabang-Padang.
1. Sabang-Banda Aceh (56 km)
Peserta memulai start dari Tugu Nol Kilometer. Pada rute ini mereka melewati kontur jalan tanjakan pendek dan menukik tajam. Dari Sabang, mereka menyebrang ke Pelabuhan Ulee Lhee, Banda Aceh.

2. Banda Aceh-Calang (154 km)
Peserta melanjutkan perjalanan dari Banda Aceh ke Calang. Mereka melewati tiga bukit dengan jalan sedikit menanjak. Sebanyak 46 peserta ini sempat mampir di Air Terjun Suhom di daerah Lhoong. Dalam perjalanan ke Calang, peserta diguyur hujan cukup deras. Mereka tiba di Calang pukul 20.00.

3. Calang-Meulaboh (90 km)
Peserta menjajal jalan aspal yang sangat mulus selama di Aceh. Jalan tersebut merupakan bantuan dari USAID, Amerika pasca tsunami Aceh. Jalan buatan Amerika itu membentang sepanjang sisi pantai barat Aceh. Pada etape ini, jalanan cukup lebar.

4. Meulaboh-Blang Pidie (130 km)
Kontur jalan rolling atau naik-turun banyak ditemui pada etape ini. Mereka melewati daerah perkebunan sawit yang berjajar di sisi kiri dan kanan jalan. Tim Jelajah Sepeda juga disambut oleh komunitas sepeda dari Blang Pidie. Mereka bertemu di perbatasan Aceh Barat dan Aceh Barat Daya.

5.Blang Pidie-Tapaktuan (75 km)
Rute ini merupakan etape terpendek. Tim Jelajah Sepeda tiba di Tapaktuan pukul 14.00. Daerah Tapaktuan berada di pinggir pantai dengan ombak cukup besar. Kota Naga itu terletak di Aceh Selatan.

6. Tapaktuan-Subulussalam (163 km)
Ini adalah salah satu medan terberat dan panjang dibanding etape lainnya. Peserta Jelajah Sepeda melalui kontur jalan rolling atau naik-turun sepanjang perjalanan. Medan ini cukup menguras tenaga karena melewati beberapa kali tanjakan panjang dan tajam.

Pemandangan di kiri dan kanan mereka adalah perbukitan. Memasuki Subulussalam, mereka kembali disuguhi dengan pemandangan perkebunan kelapa sawit. Mereka tiba di Kota Subulussalam, Aceh Selatan pukul 20.00.

7. Subulussalam-Samosir (176 km)
Hujan terus mengguyur selama perjalanan pada Jumat (6/9/2013) itu. Etape ini merupakan yang terberat dan terpanjang dengan melewati perbatasan antara Aceh Selatan dan Sumatera Utara. Peserta terlihat mulai kelelahan karena sejak awal dihadapkan pada kontur jalan yang menanjak.

Jalan terus naik mulai dari ketinggian 288 meter dari permukaan laut (mdpl) hingga di atas 1000 mdpl. Peserta akhirnya beristirahat di Sidikalang setelah menempuh 61 Km. Dalam kondisi kedinginan, peserta melahap habis sekitar 60 buah durian yang dibawakan seorang peserta, Brigadir Jenderal (Pol) Royke Lumowa. Saat itu mereka telah berada di ketinggian 1200 mdpl. Peserta mengigil kedinginan sehingga panitia terpaksa memutuskan untuk mengevakuasi mereka hingga Samosir.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.