Kompas.com - 03/09/2013, 17:17 WIB
Peserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN foto bersama dengan pemilik warung makan di Nagan Raya, Aceh, Selasa (3/9/2013). KOMPAS.COM/DIAN MAHARANIPeserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN foto bersama dengan pemilik warung makan di Nagan Raya, Aceh, Selasa (3/9/2013).
|
EditorPipit Puspita Rini
ACEH BARAT, KOMPAS.com - Warga Aceh antusias menyambut rombongan Jelajah Sepeda Sabang-Padang bersama Kompas dan PGN. Antusiame warga Aceh itu terlihat ketika rombongan Jelajah Sepeda istirahat sekaligus makan siang di rumah makan di wilayah Nagan Raya, Aceh, Selasa (3/9/2013).

Rumah makan itu menyambut tim dengan memasang spanduk "Selamat Datang Tiim Kompas-PGN Jelajah Sabang Padang di Warung Makan Vini Simpang Lamie, Nagan Raya, Aceh." Mereka juga menyediakan tenda beserta kursi untuk duduk-duduk santai.

"Senang sekali banyak pesepeda lewat dan datang ke sini. Biasanya jarang yang datang beramai-ramai. Teman-teman kan sudah datang dari jauh-jauh, jadi kita sambut lah," ujar Syamsul, kerabat pemilik rumah makan yang menyediakan spanduk.

Istirahat untuk makan siang ini dilakukan setelah rombongan pesepeda menempuh jarak 88 km dari Meulaboh. Kemudian, setelah istirahat, rombongan melanjutkan kembali perjalanan ke Blang Pidie.

Warga sekitar pun terlihat gembira ketika wilayahnya dilewati rombongan Jelajah Sepeda. Mereka berteriak, tersenyum, dan melambaikan tangan. Mereka juga setia menunggu di pinggir jalan hingga iring-iringan pesepeda berakhir. Beberapa di antaranya mengabadikan gambar dengan kamera ponsel.

KOMPAS.COM/DIAN MAHARANI Anak-anak kecil di Aceh Barat berlarian ke pinggir jalan untuk melihat iring-iringan rombongan Jelajah Sepeda Sabang-Padang bersama Kompas-PGN, Selasa (3/9/2013).
Keceriaan juga terlihat pada anak-anak di Sekolah Dasar. Ketika jam istirahat dan rombongan Jelajah Sepeda melintas, mereka langsung berlarian ke pagar sekolah atau pinggir jalan.

Ada pula anak-anak kecil yang berada di pinggir jalan dan meminta bersalaman. "Dadah Sepeda," teriak anak kecil itu sambil melambaikan tangan dan melompat-lompat. Rombongan Jelajah Sepeda pun selalu membalas lambaian tangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain warga, pemerintah setempat dan aparat kepolisian juga menyambut gembira kedatangan kami.

Hari ini, Jelajah Sepeda sudah memasuki etape keempat di Aceh. Dimulai dari Sabang-Banda Aceh (56 km), Banda Aceh-Calang (156 km), Calang-Meulaboh (90 km), dan saat ini Meulaboh-Blang Pidie (130 km).

Jelajah Sepeda akan berakhir di Padang pada 13 September 2013 dengan total jarak tempuh mencapai 1.539 kilometer. Peserta kegiatan ini bukanlah atlet balap sepeda. Mereka dari berbagai kalangan dan profesi yang memang gemar bersepeda.

Kegiatan ini juga tak sekadar gowes. Kompas ingin menceritakan persoalan di setiap daerah yang dilewati. Kompas juga ingin mengajak lebih banyak lagi orang untuk bersepeda dengan menggalakkan hidup sehat dan mengurangi global warming.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.