Tiga Srikandi dalam Jelajah Sepeda Sabang-Padang

Kompas.com - 01/09/2013, 08:16 WIB
Tiga peserta wanita, Diana Astati, Aristi Prajwalita Majid, dan Woro Angreni Wigati (kiri-kanan), mengikuti Jelajah Sepeda Sabang-Padang yang diselenggarakan oleh Kompas dan PGN mulai 31 Agustus hingga 13 September 2013. KOMPAS.com/DIAN MAHARANITiga peserta wanita, Diana Astati, Aristi Prajwalita Majid, dan Woro Angreni Wigati (kiri-kanan), mengikuti Jelajah Sepeda Sabang-Padang yang diselenggarakan oleh Kompas dan PGN mulai 31 Agustus hingga 13 September 2013.
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Di antara puluhan peserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang dengan Kompas dan PGN, ada tiga peserta wanita yang turut meramaikan kegiatan tersebut. Ada yang sudah sangat berpengalaman, ada juga yang bermodal semangat dan tekad kuat.

Ketiganya adalah Woro Angreni Wigati, seorang ibu rumah tangga; Aristi Prajwalita Majid yang berprofesi sebagai pekerja medik, dan Diana Astati, seorang karyawan di bidang civil engineering. Untuk mengikuti jelajah sepeda selama dua minggu ini mereka telah melakukan latihan sebelumnya.

"Kalau jauh, persiapannya sebulan atau dua bulan dari jauh hari," ujar Aristi, Minggu (1/9/2013) di Banda Aceh. Tiga kali dalam seminggu, Aristi rutin gowes dari Bogor ke Jakarta.

Adapun Diana mengaku baru latihan selama 9 hari karena dadakan mengikuti kegiatan ini. Namun, di dunia gowes, Diana bukan orang baru. Dia pernah mengikuti jelajah sepeda Aceh-Padang Srikandi 3 bersama komunitas Bike to Work dan lebih sering menggunakan sepeda downhill.

"Jalurnya Sabang lumayan, seru. Yang penting siap mental dan karena ramai seperti ini, yang penting kekompakan," kata Diana yang baru pertama kali menjelajah Sabang.

Woro tergolong orang baru di olahraga ini. Untuk jelajah sepeda jarak jauh, Woro telah banyak berlatih. "Sepedaan baru enam bulan, biasanya hiking. Sebelumnya memang sudah latihan. Saya juga dilatih selama 3 bulan. Semangat dulu dan mau mencoba. Kalau enggak gitu, enggak berani," katanya.

Hari ini, mereka akan menjajal jalur Banda Aceh hingga Calang sejauh sekitar 154 kilometer. Jelajah sepeda ini diikuti 45 orang peserta yang dipimpin oleh Marta Mufreni sebagai Road Captain. Rencananya, Kapolda Aceh Inspektur Jenderal Herman Effendi akan ikut mengelilingi Banda Aceh dengan sepeda.

Jelajah sepeda ini akan berlangsung selama 14 hari, yakni 31 Agustus hingga 13 September 2013. Perjalanan berakhir di Padang dengan total jarak tempuh 1.539 kilometer.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X