Kompas.com - 31/08/2013, 18:38 WIB
|
EditorPipit Puspita Rini
SABANG, KOMPAS.com - Dari Tugu Nol Kilometer, Pulau Weh, Aceh, para peserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN mulai mengayuh sepeda mereka. Perjalanan dari ujung pulau Sumatera tersebut diawali dengan jalur beraspal yang mulus. Sisi kiri dan kanan mereka adalah pepohonan rindang, yang membuat udara terasa sejuk.

Sinar matahari hampir tak tembus ke jalanan karena terhalang dedaunan. Lautan lepas di sisi kiri juga sesekali terlihat dari balik pepohonan. Cuaca yang sebenarnya panas pun terasa sejuk.

Namun, jalur yang dilewati 45 peserta ini cukup berat. Mereka harus melewati jalan menanjak yang tajam dan berkelok. Beberapa peserta mulai kelelahan mengayuh sepeda. Keringat mulai deras bercucuran.

Menemui jalur menurun seakan menjadi bonus perjalanan untuk mereka. Kelelahan itu akhirnya terbayar. Pemandangan lautan di Teluk Balohan telihat menawan dari atas. Gradasi warna birunya laut menyejukkan mata yang memandang. Mereka langsung berhenti untuk mengabadikan gambar sekaligus melepas lelah. Jalan menurun yang berkelok juga terlihat.

KOMPAS.COM/DIAN MAHARANI Lautan biru di Teluk Balohan, Aceh dengan perbukitan yang mengelilingi. Lautan ini menjadi pemandangan bagi peserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN, Sabtu (31/8/2013).
Setelah puas, para peserta kemudian menuju Pelabuhan Ulee Lhee dengan waktu tempuh hanya sekitar 10 menit. Mereka melanjutkan perjalanan menuju Kota Banda Aceh. Peserta sekaligus sepeda mereka naik ke kapal feri selama dua jam, menuju Banda Aceh.

Tiba di Banda Aceh, peserta mampir ke Museum Tsunami. Hujan turun seusai mengunjungi museum. Diguyur hujan rintik-rintik, peserta melanjutkan perjalanan ke tempat penginapan.

Jelajah sepeda dengan jarak tempuh 53 kilometer pun selesai untuk hari ini. Besok, Minggu (31/8/2013), mereka akan menjajal jalur Banda Aceh-Calang sejauh 154 kilometer.

Jelajah sepeda ini akan berlangsung selama 14 hari yakni 31 Agustus hingga 13 September 2013, yang berakhir di Padang. Total jarak yang akan ditempuh mencapai 1.539 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.