Jelajah Sepeda Sabang-Padang Tak Sekadar Gowes

Kompas.com - 31/08/2013, 15:18 WIB
Para peserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang berpose bersama sebelum memulai perjalanan, Sabtu (31/8/2013). KOMPAS.COM/DIAN MAHARANIPara peserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang berpose bersama sebelum memulai perjalanan, Sabtu (31/8/2013).
|
EditorPipit Puspita Rini
SABANG, KOMPAS.com - Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN bukan hanya acara melintasi jalur dengan sepeda. Dalam acara ini, Kompas dan PGN (PT Perusahaan Gas Negara) juga menggelar kegiatan bakti sosial, yang dilakukan di empat daerah yang akan dilintasi, yaitu Sabang, Blang Pidie, Subulussalam, dan Padang.

"Kompas dan PGN punya CSR (Coorporate Social Responsibility). Ada pengobatan massal yang akan dilakukan di empat titik," kata Wakil Pemimpin Redaksi harian Kompas, Budiman Tanuredjo di Aceh, Sabtu (31/8/2013).

Pengobatan massal gratis itu antara lain untuk spesialis penyakit dalam, mata, gigi, penyakit syaraf, dan pemeriksaan kandungan. Pengobatan massal di Sabang sudah lebih dulu dilakukan yakni pada 29 Agustus 2013. Ada sekitar 505 pasien yang diobati di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Sabang.

Di kota lain, Kompas dan PGN menargetkan sebanyak 1000 pasien yang mendapat pengobatan massal. Rencananya, akan digelar pula sunatan massal di Blang Pidie untuk 100 orang. "Kita juga melaksankan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi dan sepanjang jalur sepeda," tambah Direktur Keuangan PGN LNG , Eri Surya Kelana.

Selain itu, tim Jelajah Sepeda Sabang-Padang sekaligus berkesempatan untuk melihat permasalahan yang ada di masing-masing kabupaten/kota. "Kompas akan menggambarkan dinamika kota Sabang, keelokannya, juga termasuk problemnya. Ini akan sampai, bukan hanya pada pemangku kepentingan di Jakarta, tapi juga pembaca Kompas," kata Budiman.

Hari pertama, tim menempuh jarak 53 kilometer dari Sabang sampai Banda Aceh. Start dimulai dari titik Tugu Nol Kilometer, Pulau Weh, Sabang. Peserta kemudian menyebrang kembali dengan kapal menuju Kota Banda Aceh.

Perjalanan tim jelajah sepeda akan berlangsung selama 14 hari yakni 31 Agustus hingga 13 September 2013 yang berakhir di Padang. Jelajah sepeda ini merupakan kerja sama Kompas dengan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN). Total jarak yang akan ditempuh mencapai 1.539 kilometer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X