Kompas.com - 31/08/2013, 12:17 WIB
Peserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN mulai start dari Tugu Nol Kilometer, Pulau Weh, Sabang, Sabtu (31/8/2013). KOMPAS.COM/DIAN MAHARANIPeserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN mulai start dari Tugu Nol Kilometer, Pulau Weh, Sabang, Sabtu (31/8/2013).
|
EditorPipit Puspita Rini
BANDA ACEH, KOMPAS.com — Sebanyak 45 peserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang Kompas-PGN memulai perjalanan dari titik Tugu Nol Kilometer, Pulau Weh, Sabang, Aceh, Sabtu (31/8/2013). Hari pertama gowes ini akan menempuh perjalanan sejauh 53 kilometer sampai Banda Aceh.

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, Jelajah Sepeda merupakan bentuk nyata untuk menggalakkan gaya hidup sehat dan memerangi pemanasan global.

"Misi kita, melalui sepeda merupakan upaya hidup sehat dan memerangi pemanasan global. Semoga misi ini bisa memberikan efek cukup baik bagi masyarakat seluruh Indonesia, Sabang sampai Merauke," ujar Budiman.

Pembukaan acara turut dihadiri Asisten I Pemerintah Kota Sabang Sayuti yang mewakili Wali Kota Sabang serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, Zulfi Purnawati.

Setelah memberikan sambutan dan melepas peserta dari titik start, Budiman dan Direktur Keuangan PGN LNG Eri Surya Kelana juga ikut gowes bersama 45 peserta.

Perjalanan ini dipimpin oleh Road Captain Marta Mufreni didampingi empat marshal sepeda. Para peserta yang mengenakan seragam hijau ini akan melewati jalan beraspal yang berkelok-kelok hingga tanjakan yang cukup tinggi.

Jelajah Sepeda kali ini bisa dibilang perjalanan yang cukup berat dan panjang bagi peserta. Mereka sudah berlatih sejak beberapa bulan sebelumnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara keseluruhan peserta sudah mempersiapkan diri masing-masing. Mereka rata-rata sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh. Memang jelajah tahun ini lebih panjang dan menantang," kata Marta.

Perjalanan tim Jelajah Sepeda akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari 31 Agustus hingga 13 September 2013, yang berakhir di Padang. Pada Jelajah Sepeda kali ini, Kompas bekerja sama dengan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN). Total jarak yang akan ditempuh mencapai 1.539 kilometer.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X