Panas Terik Sambut Tim Jelajah Sepeda Kompas Sabang-Padang

Kompas.com - 30/08/2013, 13:34 WIB
Rombongan Jelajah Sepeda Kompas Sabang-Padang tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Jumat (30/8/2013) siang. KOMPAS.COM/DIAN MAHARANIRombongan Jelajah Sepeda Kompas Sabang-Padang tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Jumat (30/8/2013) siang.
|
EditorTri Wahono
JAKARTA, KOMPAS.com - Panas terik matahari menyambut rombongan peserta Jelajah Sepeda Kompas Sabang-Padang di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Jumat (30/8/2013).

Perjalanan dari Jakarta ke Aceh cukup memakan waktu. Pesawat menuju Banda Aceh transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Sumatera Utara selama 30 menit.

Para peserta terlihat tak sabar untuk menggowes sepeda mereka. Masing-masing membawa sepedanya yang masih dipak dalam kardus. Setibanya di Aceh, sekitar 40 sepeda itu kemudian dinaikkan ke truk.

Tim Jelajah Sepeda akan melanjutkan perjalanan ke Sabang dengan menyeberang melalui pelabuhan di Banda Aceh. Sepeda mereka pun akan ikut menyebrang karena titik awal bersepeda akan dimulai dari titik Nol Kilometer. "Startnya nanti di Nol Kilometer, Sabang," ujar Ketua Tim Jelajah Marta Mufreni.

Marta mengatakan, per harinya jarak yang akan ditempuh mencapai 100 kilometer. Hal ini tentunya tak akan terlalu terasa berat bagi mereka yang biasa bersepeda setiap hari. Kekompakan tim akan diuji pada Jelajah Sepeda Kompas Sabang-Padang. 

Jelajah Sepeda Kompas Sabang-Padang merupakan jelajah sepeda jarak jauh lintas kabupaten/kota hingga provinsi kelima yang digelar harian Kompas. Jelajah sepeda kali ini Kompas bekerja sama dengan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN).

Perjalanan tim jelajah sepeda akan berlangsung selama 14 hari yakni 31 Agustus 2013 hingga 14 September 2013. Jelajah sepeda ini diikuti 50 peserta dari berbagai daerah dan profesi.

Gowes akan dimulai di Tugu Nol Kilometer Indonesia di Pulau We, Kota Sabang, dan berakhir di Kota Padang. Total jarak yang akan ditempuh sekitar 1.539 kilometer.

Jelajah Sepeda Kompas pertama kali digelar tahun 2008. Saat itu tim menjelajahi jalur Anyer-Panarukan sejauh 1.000 kilometer. Kemudian, dilakukan Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta sejauh 1.000 kilometer tahun 2010, Jelajah Sepeda Jakarta-Palembang sejauh 810 kilometer tahun 2011, dan Jelajah Sepeda Bali-Komodo 610 kilometer tahun 2012.

Kompas menargetkan, pada tahun 2015 yang bertepatan dengan 50 tahun harian Kompas, kegiatan jelajah sepeda bisa sampai Marauke.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X