Mengenal Indonesia dengan "Jelajah Sepeda Sabang-Padang"

Kompas.com - 27/08/2013, 16:12 WIB
Wakil Pemimpin Redaksi, Budiman Tanuredjo (kiri), memberikan keterangan pers didampingi perwakilan dari Perusahaan Gas Negara (PGN), Wahid Sutopo, di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Selesa (27/8/2013). KOMPAS.COM/NORMA GESITAWakil Pemimpin Redaksi, Budiman Tanuredjo (kiri), memberikan keterangan pers didampingi perwakilan dari Perusahaan Gas Negara (PGN), Wahid Sutopo, di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Selesa (27/8/2013).
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini
JAKARTA, KOMPAS.com - Harian KOMPAS bekerjasama dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN), akan kembali menggelar acara tahunan, jelajah sepeda, sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Tahun ini, jelajah sepeda akan berlangsung selama 14 hari. Dimulai pada 31 Agustus di Tugu Nol Kilometer Indonesia, Pulau We, Sabang, dan berakhir pada 13 September di kota Padang. Total jarak yang ditempuh adalah 1.539 kilometer.

"Ini adalah tugas mulia untuk melawan pemanasan global. Rencananya kami akan merajut Indonesia dengan bersepeda, dari Sabang sampai Merauke. Tidak langsung, sebelumnya kami sudah menjelajahi berbagai wilayah, termasuk jelajah sepeda tahun lalu, Bali-Komodo. Tahun ini Sabang - Padang.

"Targetnya, tahun 2015 nanti kami akan benar-benar menggelar jelajah sepeda keliling Indonesia dari Sabang sampai Merauke," terang Wakil Pemimpin Redaksi, Budiman Tanuredjo, di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Selesa (27/8/2013).

Jelajah sepeda Sabang-Padang ini diikuti 50 peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai komunitas sepeda di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Manado, Padang, Medan, dan Banda Aceh.

Tak ada satupun dari peserta jelajah sepeda ini yang merupakan atlet balap sepeda. Mereka adalah kaum profesional dari berbagai profesi, yakni wartawan, pengusaha, karyawan swasta dan manajer perusahaan. Mereka ingin menunjukkan bahwa bersepeda itu menyehatkan, dan ingin menularkannya pada seluruh lapisan masyarakat.

"Acara ini sejalan dengan visi dan misi PGN untuk meneruskan energi baik, yang dapat menciptakan lingkungan dan masyarakat berkualitas. Kami berharap kegiatan ini menjadi kampanye positif untuk melestarikan lingkungan hidup," kata perwakilan PGN, Wahid Sutopo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X