Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratchanok Intanon, Juara Dunia Baru dari Thailand

Kompas.com - 11/08/2013, 14:52 WIB
GUANGZHOU, KOMPAS.com - Ratchanok Intanon keluar sebagai juara dunia baru, setelah berhasil menumbangkan tunggal putri nomor satu dunia, Lie Xuerui, 22-20, 18-21, 21-14, di final BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia 2013, Minggu (11/8/2013).

Li yang datang sebagai unggulan pertama, dijagokan bisa memenangi laga ini. Tapi pertandingan di lapangan tak selalu semudah hitungan di atas kertas.

Li yang mendominasi pertandingan hingga sempat unggul 19-12 lalu 20-16 di game pertama, akhirnya harus mengakui kehebatan lawannya yang berusia empat tahun lebih muda, dengan 20-22.

Di game kedua, Li kembali memimpin di awal. Tapi Intanon tak pernah menyerah. Dengan ekspresi dan senyum polosnya, tunggal terbaik Thailand ini mampu mengejar dan menjaga poin tetap ketat.

Li sempat memimpin hingga 13-10, tapi Intanon mengejar bahkan berbalik unggul 15-14.

Li kembali menjauh dengan meraih empat angka berturut-turut yang membawanya unggul 18-15, hingga akhirnya menutup game kedua dengan 21-18.

Dua pemain turun dengan kondisi fisik terkuras di game ketiga. Berbeda dengan dua game sebelumnya, kali ini Intanon yang langsung tancap gas, hingga unggul 11-7.

Li berusaha mengejar dan berhasil mendekat hingga 12-14. Tapi Intanon sedang dalam performa terbaik. Pebulu tangkis 18 tahun ini akhirnya menyudahi laga selama 65 menit ini dengan kemenangan 21-14 di game ketiga.

Intanon pun mencatat sejarah, menjadi pebulu tangkis tunggal putri Thailand pertama yang menjadi juara dunia. Dia juga berhasil memutus dominansi tunggal putri China di World Championships yang meraih kemenangan beruntun dalam delapan penyelenggaraan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com