Kompas.com - 28/07/2013, 15:36 WIB
Pebulu tangkis Thaland, Bodin Issara menyerang mantan pasangannya, Maneepong Jongjit di final ganda putera Kanada GP. Pebulu tangkis Thaland, Bodin Issara menyerang mantan pasangannya, Maneepong Jongjit di final ganda putera Kanada GP.
EditorTjahjo Sasongko

BANGKOK, Kompas.com - Dua atlet bulu tangkis Thailand, Bodin Issara dan Maneepong Jongjit dijatuhi hukuman larangan bertanding karena terlibat perkelahian di lapangan saat Kanada GP, pekan lalu.

Namun Bodin Issara mendapat hukuman yang jauh lebih berat, dua tahun,  ketimbang Maneepong Jongjit yang "hanya" dijatuhi hukuman tiga bulan. Hukuman dijatuhkan asosiasi bulu tangkis Thailand (BAT), Sabtu malam di Bangkok.

Issara dijatuhi hukuman lebih berat karena dianggap menyerang Jongjit yang bekas pasangan gandanya. Sementara Jongjit dihukum lebih ringan karena kesalahan$ya melakukan provokasi terhadap Issara sepanjang pertandingan.

Presiden BAT, Charoen Wattanasin menyesali tindakan kedua pemain tersebut. "Apa yang sudah dibangun selama 60 tahun hancur karena kelakukan satu orang. Selama enampuluh tahun saya berkecimpung di bulu tangkis, saya belum pernah melihat  kasus kekerasan seperti ini," kata Wattanasin, mantan pemain dekade 1960-an.

"Saya diminta untuk lebih memerhatikan kepentingan pemain. Namun buat saya ini bukan soal perasaan, tetapi ini soal citra negara kita di bidang bulu tangkis," kata wattanasin.

Issara Bodin dan Maneepong Jongjit sebelumnya adalah ganda utama Thailand yang sempat bermain di Olimpiade London lalu. Setelah berpisah, keduanya mendapat pasangan pemain lain dan bertemu di final Kanada GP, pekan lalu.

Di pertandingan final tersebut, kedua pemain terlibat saling provokasi yang berujung pada pemukulan Bodin oleh Jongjit dnegna menggunakan raket. Bodin Issara yang kehilangan kendali emosi mengejar Jongjit di lapangan dan kemduian terkena diskualifikasi.

Keduanya juga masih terancam hukuman dari federasi bulu tangkis dunia (BWF).



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X