Kompas.com - 26/07/2013, 01:40 WIB
Tim nasional sepak takraw menjalani latihan rutin malam hari sebagai persiapan jelang SEA Games Myanmar, di GOR Pemuda dan Olahraga, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (25/7/2013). KOMPAS.COM/IDRIS SUPRIADITim nasional sepak takraw menjalani latihan rutin malam hari sebagai persiapan jelang SEA Games Myanmar, di GOR Pemuda dan Olahraga, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (25/7/2013).
EditorPipit Puspita Rini
JAKARTA, KOMPAS.com — Tim nasional sepak takraw Indonesia optimistis bisa meraih emas di SEA Games 2013 Myanmar, Desember mendatang. Pada akhir Juli, pelatnas sepak takraw memasuki tahap persiapan khusus.

"Pada persiapan khusus ini para pemain fokus pada latihan kecepatan, power, dan stamina," ujar pelatih timnas, Abdul Gani, jelang latian malam di GOR Pemuda dan Olahraga, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (25/7/2013).

Di Myanmar nanti, sepak takraw akan terbagi dalam lima nomor pertandingan. Indonesia akan turun di tiga nomor dan sudah memiliki tim yang solid, terdiri dari 12 atlet putra dan 12 putri.

"Pembentukan tim sudah 100 persen, tapi mungkin masih ada degradasi-promosi pemain, September nanti, karena kami masih akan melihat kondisi pemain saat uji coba," tutur Gani.

Untuk meningkatkan kesiapan atlet, para pelatih telah menyusun strategi dan program khusus, termasuk uji coba.

"Sebelum bulan puasa, timnas sudah mengikuti uji coba di Batam melawan Malaysia dan Singapura. Alhamdulillah, timnas juara. Kami akan mengikuti King's Cup di Thailand, September; dan Kejuaran Superseries di India, Oktober."

"Sebenarnya kami tidak ingin membebani para atlet dengan target. Tapi kami tetap yakin dapat meraih hasil lebih bagus, atau setidaknya mempertahankan prestasi di SEA Games lalu," tambah Gani. Di SEA Games 2011, sepak takraw Indonesia meraih satu emas dan dua perak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Optimisme meraih emas di SEA Games tidak hanya diungkapkan pelatih. Para pemain juga yakin dapat meraih hasil maksimal karena sudah mulai berlatih bersama sejak April.

"Keyakinan para pemain sangat tinggi karena kebersamaan kami sudah terbentuk. Kebersamaan menjadi faktor penting saat pertandingan. Selain itu, pengalaman para pemain sudah bagus karena sejak SEA Games 2011, tim tidak banyak berubah," ujar Husni Huba, kapten tim putra.

"Para pemain memiliki motivasi yang tinggi untuk merebut emas dan akan bermain maksimal saat pertandingan nanti. Setidaknya, kami akan mempertahankan apa yang sudah kami raih di SEA Games 2011 lalu," tandas Husni. (idris)



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.