Kompas.com - 24/07/2013, 08:43 WIB
Sun Yang Sun Yang
EditorTjahjo Sasongko
BEIJING, KOMPAS.com — Persiapan bintang renang China, Sun Yang, sempat terganggu dengan kisah asmaranya dengan seorang pramugari.

Kejuaraan dunia renang berlangsung mulai Minggu (21/7/2013) lalu di Barcelona, Spanyol. China yang saat ini merupakan satu kekuatan yang diperhitungkan dunia berharap dapat menggoyang dominasi AS. Salah satu harapan mereka adalah atlet putra, Sun Yang.

Sun Yang, 21, merebut dua medali emas di ajang Olimpiade London, Juli-Agustus 2012 lalu. Ia juga menciptakan rekor dunia baru di nomor 1.500 meter gaya bebas. Sun diharap mendulang emas bersama atlet puteri Ye Shiwen.

Namun, Sun Yang belakangan terlibat konflik dengan pelatihnya yang memintanya untuk berkonsentrasi pada persiapan menuju Barcelona. Pelatih nasional China, Zhu Zhigen, meminta Sun Yang untuk tidak menemui dulu kekasihnya selama persiapan menuju Barcelona.

Sun kini berlatih di Hongkong bersama mantan pelatih kepala China, Zhang Yandong. Belum diketahui pasti di nomor apa saja Sun akan turun.

"Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, seorang atlet membutuhkan latihan secara sistematis dan ilmiah tanpa campur tangan dari luar," kata Sun Yang melalui blog-nya. "Karena beberapa alasan, saya tidak bisa melakukan hal tersebut di masa lalu."

"Dengan semakin dekatnya kejuaraan dunia, saya ingin mengabaikan campur tangan dari luar dan melakukan persiapan dengan baik untuk mendapatkan kekuatan tambahan," kata Sun lagi.

Nama Sun Yang mulai menanjak saat ia memecahkan rekor dunia 1.500 meter atas nama perenang Australia Grant Hackett dan telah bertahan selama sepuluh tahun. Setahun kemudian, ia mempertajamnya di ajang Olimpiade London.

Sun Yang juga menjuarai nomor 800 meter di kejuaraan dunia di Shanghai 2011 lalu. Namun, belum diketahui apakah ia akan mempertahankan gelarnya di Barcelona karena data yang masuk menunjukkan ia baru didaftarkan di  nomor 1.500 meter dan 400 meter gaya bebas.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X