Pirelli: Tidak Ada Masalah dengan Tim F1

Kompas.com - 04/07/2013, 18:34 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, masuk ke pit dengan ban kiri belakang rusak, pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (30/6/2013). AP/NIGEL RODDISPebalap Mercedes, Lewis Hamilton, masuk ke pit dengan ban kiri belakang rusak, pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (30/6/2013).
EditorPipit Puspita Rini
KOMPAS.com — Pirelli sebagai penyuplai ban untuk balapan Formula 1 mengaku tidak ada masalah dengan tim, meskipun disalahkan atas beberapa insiden yang terjadi saat balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, akhir pekan kemain.

Pada balapan tersebut, tiga pebalap mengalami insiden sama, pecah ban belakang bagian kiri. Mereka adalah Lewis Hamilton, Felipe Massa, dan Jean-Eric Vergne.

Setelah melakukan beberapa proses investigasi, Pirelli mengeluarkan pernyataan seputar penyebab terjadinya insiden tersebut, yang terdiri dari beberapa hal.

Pertama, ban tersebut dipasang di sisi yang salah. Artinya, ban sisi kanan ditaruh di sisi kiri. Ban yang disiapkan tahun ini memiliki sistem asimetris, jadi mereka tidak bisa dipasang sembarangan, harus sesuai dengan fungsi dan tempat masing-masing.

Kedua, tekanan ban yang tidak pas atau terlalu rendah. Hal ini menyebabkan ban bekerja keras lebih dari seharusnya.

Ketiga, cara balap yang sangat agresif di tikungan-tikungan cepat, seperti pada tikungan empat Silverstone, dengan ban kiri belakang paling banyak terkena efek.

Pirelli menegaskan tidak ada konflik dengan para pemakai produknya dan sekarang berkerja bersama untuk mencari solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi.

"Berkebalikan dengan pendapat beberapa pihak yang sudah terbentuk, saya ingin menggarisbawahi kolaborasi dan dukungan yang kami terima dari tim, pebalap, FIA, dan FOM," kata Paul Hembery, bos Pirelli. "Kami juga tidak sedang membuat argumen untuk menyerang siapa pun."

Pirelli juga sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan membuat perubahan untuk balapan akhir pekan ini di Jerman, dengan memperkenalkan bahan karet baru, kevlar-belted.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber crashnet
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X