Kompas.com - 29/06/2013, 21:36 WIB
Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, merayakan kemenangannya di GP Belanda, Sabtu (29/6/2013). Ini merupakan kemenangan pertama Rossi musim ini. motogp.comPebalap Yamaha, Valentino Rossi, merayakan kemenangannya di GP Belanda, Sabtu (29/6/2013). Ini merupakan kemenangan pertama Rossi musim ini.
EditorPipit Puspita Rini
ASSEN, KOMPAS.com - Akhirnya, lagu kebangsaan Italia terdengar pada akhir balapan MotoGP musim ini. Setelah tiga pebalap Spanyol (Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez) menguasai enam seri sebelumnya, GP Belanda akhir pekan ini resmi jadi milik Valentino Rossi.

Pebalap Yamaha asal Italia ini berhasil menyentuh garis finis pertama pada balapan di Sirkuit Assen yang berlangsung Sabtu (29/6/2013). Ini merupakan kemenangan pertamanya musim ini, dan juga yang pertama sejak Malaysia 2010. Pada musim 2011 dan 2012, Rossi tak pernah juara bersama Ducati.

Lebih besar lagi, ini adalah kemenangan ke-80 Rossi di kelas primer, dan juga yang pertama di Assen setelah terakhir melakukannya pada 2009.

Rossi mengawali balapan hari ini dari posisi start keempat. Dia tak butuh kerja keras untuk melewati Stefan Bradl yang start dari posisi tiga. Selanjutnya, pelan tapi pasti Rossi menempel dan melewati dua pebalap Honda yang ada di depannya, Marquez dan Pedrosa.

Kemenangan ini memang belum bisa mengangkat posisi Rossi dari tempat kelima klasemen sementara dengan 85 angka. Tapi dia berhasil memangkas ketinggalannya dari Cal Crutchlow menjadi dua angka saja.

Pedrosa bertahan di puncak klasemen dengan 136 poin, unggul sembilan angka dari Lorenzo di posisi dua. Sementara Marquez menempati posisi tiga dengan 113 poin.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X