Kompas.com - 27/06/2013, 17:54 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini
JAKARTA, KOMPAS.COM — Turnamen Mixed Martial Arts (MMA) atau yang lebih dikenal dengan Seni Bela Diri Campuran, kembali digelar di Jakarta. Organisasi seni bela diri campuran terbesar di Asia, ONE Fighting Championship (ONE FC), akan menggelar turnamen tersebut di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 13 September 2013.

“ONE FC akan menghadrikan rangkaian pertarungan, yang pasti akan memacu adrenalin para penggemar Mixed Martial Arts di Indonesia. Turnamen ini juga akan menjadi salah satu acara olahraga terbesar dalam sejarah Indonesia,” kata CEO ONE Fighting Championship, Viktor Cui, di Spider Academy, Kamis (27/6/2013).

MMA di Indonesia mengalami perkembangan cukup pesat. Pertarungan bebas dan minim aturan, jadi salah satu daya tarik olahraga ini. Banyak jurus dasar seni bela diri yang dipakai dalam olahraga ini, seperti muay thai, jujitsu, tinju, gulat, dan judo.

Pejudo nasional, Vincent Majid, jadi andalan Indonesia untuk merebut gelar juara kelas berat ringan (light heavyweight). Dia akan melawan Eugino Tan asal Malaysia. Jika berhasil menang, ini akan jadi gelar perdananya di MMA.

“Setelah berbulan-bulan menjalani latihan keras, saya semakin mantap untuk menghadapi Euginio,” kata Vincent di sela latihan terbuka di Spider Academy.

Vincent yang juga dijuluki Jack Hammer adalah juara judo nasional, juara grappling kuncian empat kali, dan menempati peringkat 10 besar combat sambo. Oleh para pengamat bela diri campuran, Vincent diprediksi akan melakukan gebrakan di dalam kerangkeng ONE FC.

“Saya tidak ingin sesumbar, tapi tujuan akhir berlatih selama beberapa bulan terakhir adalah gelar light heavyweight ONE FC tersebut. Saya harus memenangkan gelar ini, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga seluruh penggemar MMA di Indonesia,” tutur Vincent.

Sementara itu, Euginio adalah petarung dengan dasar tinju yang kuat. Dia dikenal sebagai salah satu petarung kelas berat ringan terbaik di Malaysia.

Pada ajang yang sama, petarung veteran Jepang, Sinichi Kojima dan Yasuhiro Urushitani, akan memperebutkan gelar dunia ONE FC kelas terbang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.