Kompas.com - 24/06/2013, 12:27 WIB
Petenis Skotlandia, Andy Murray, tiba di lapangan rumput Wimbledon untuk menjalani sesi latihan, Minggu (23/6/2013). Murray mulai bertanding hari Senin (24/6/) melawan Benjamin Becker. AP/KRISTY WIGGLESWORTHPetenis Skotlandia, Andy Murray, tiba di lapangan rumput Wimbledon untuk menjalani sesi latihan, Minggu (23/6/2013). Murray mulai bertanding hari Senin (24/6/) melawan Benjamin Becker.
EditorPipit Puspita Rini
LONDON, KOMPAS.com - Pertemuan Big 4 di lapangan rumput Wimbledon jelas jadi momen yang paling dinanti para pecinta tenis dunia. Ini adalah kali pertama dalam setahun terakhir, empat pemain tersebut turun bersama dalam satu turnamen grand slam.

Dalam kondisi normal, Roger Federer, Rafael Nadal, Novak Djokovic, dan Andy Murray seharusnya bertemu di semifinal, dan dua di antaranya lolos ke final.

Tapi kondisi tahun ini berbeda, mengingat tidak semua dari Big 4 berada di posisi empat besar ranking dunia. Nadal jadi unggulan kelima, karena berada di ranking lima dunia, kalah poin dari David Ferrer yang kini berada di posisi empat.

Artinya, persaingan Big 4 akan dimulai di babak perempat final, dengan pelaku Nadal dan Federer. Ini jelas jadi ujian berat bagi Federer yang membawa misi mempertahankan gelar.

Siapa pun yang lolos dari babak ini akan bertemu Murray di semifinal. Lalu final akan jadi ujian terakhir dengan calon lawan paling mungkin adalah Djokovic.

Dengan kondisi seperti ini, tak heran jika banyak yang mengatakan Djokovic cukup beruntung, karena praktis lawan terberat untuk sampai ke final adalah unggulan empat, David Ferrer, yang kemungkinan akan jadi lawan di semifinal.

"Beberapa orang akan bilang saya beruntung dengan undian ini. Tapi ini turnamen grand slam, jadi saya yakin tidak ada jalan mudah untuk menjadi juara," aku petenis 26 tahun tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di babak pertama, Djokovic akan bertemu Florian Mayer, Selasa (25/6/2013).

Tahun lalu, Federer menjadi juara dengan mengalahkan Murray di final. Sebelumnya di semifinal, petenis Swiss tersebut mengalahkan Djokovic.

Sementara Nadal, di luar dugaan tersingkir di babak kedua, setelah kalah dari Lukas Rosol. Ini adalah laga terakhirnya sebelum kemudian beristirahat sekitar tujuh bulan karena cedera lutut kambuhannya.

"Tahun lalu saya bermain di Wimbledon karena ini adalah turnamen yang saya suka, tapi ternyata saya belum siap. Setelah Roland Garros, saya merasa lutut saya tidak ada di tempatnya. Saya sudah berusaha sebaik mungkin," Kata Nadal yang akan mulai bertanding hari ini, Senin (24/6) melawan petenis Belgia, Steve Darcis.

Sementara itu, Murray akan bertemu Benjamin Becker dari Jerman, dan Federer akan menghadapi petenis Rumania, Victor Hanescu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Sumber bbc sport
    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.