Kompas.com - 24/06/2013, 05:52 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JIMBARAN, KOMPAS.com — Legenda renang Indonesia, Richard Sam Bera, ingin menularkan gaya hidup sehat pada masyarakat luas melalui ajang triatlon. Seusai menyelesaikan tiga lintasan, yakni renang 1,5 kilometer, sepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer, Richard mengungkapkan antusiasmenya pada olahraga multisport tersebut. Sebuah "virus" ingin dia tebar.

"Olahraga multisport ini makin diminati. Saya sendiri sangat antusias karena menyenangkan sekali bisa menginspirasi orang lain, sekalian menyebarkan virus gaya hidup sehat," terangnya seusai menyelesaikan kompetisi Biznet Bali International Triathlon 2013 di Intercontinental Bali Resort, Minggu (23/6/2013).

Menurut Richard, olahraga triatlon memang memiliki kelebihan sendiri. Seseorang akan terlatih dengan sendirinya jika mengikuti olahraga renang, sepeda, dan lari sekaligus; apalagi bagi orang-orang yang kini melupakan pentingnya olahraga.

"Untuk orang-orang yang stres dengan pekerjaan, untuk semua yang terus duduk dan bekerja di depan komputer, melakukan kegiatan fisik menjadi sangat penting. Salah satunya dengan berlatih dan mengikuti kompetisi triatlon," lanjut Richard.

Richard yang mengaku sudah menggeluti olahraga triatlon sejak remaja ini merupakan salah satu perserta langganan peserta Bali Triathlon. Di penampilan kelimanya tahun ini, peraih 11 medali emas SEA Games itu berhasil menyelesaikan tiga lintasan dengan catatan waktu 3 jam 10 menit.

Sejujurnya, ia mengaku tak memiliki target tertentu. "Targetnya sampai finis saja, dan enggak digotong," candanya meski masih berpeluh seusai bertanding. Selain untuk kesehatan, Richard juga melihat triatlon dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan pariwisata Indonesia.

"Saya memang berharap ini dapat menjadi pengembangan pariwisata lewat olahraga. Seperti Tour de Singkarak dan Jakarta Marathon yang cukup sukses dalam pengembangan pariwisata," lanjut Richard. Dia menyayangkan semua ajang tersebut tidak diprakarsai Kementerian Olah Raga.

"Kita memang harus kreatif untuk melakukan pengembangan di bidang pariwisata," kata Richard. Ke depan, Richard berharap Biznet Bali International Triathlon 2013 ini dapat berjalan lebih baik lagi. Pasalnya, kemacetan di jalan yang menjadi lintasan sepeda sangat mengganggu atlet karena harus berhenti untuk dapat melewatinya.

Menurut Richard, seharusnya jalur yang akan digunakan untuk perlombaan benar-benar disterilkan dengan tetap memikirkan pengalihan arus lalu lintas yang pas agar tak menghambat para pengguna lalu lintas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.