Kompas.com - 21/06/2013, 14:30 WIB
Petenis Swiss, Roger Federer. AFP/BAS CZERWINSKIPetenis Swiss, Roger Federer.
EditorPipit Puspita Rini
LONDON, KOMPAS.com — Turnamen grand slam ketiga tahun ini, Wimbledon, akan hadir selama dua pekan, 24 Juni hingga 7 Juli, di All England Club. Berikut beberapa fakta seputar Wimbledon untuk tunggal putra.

Reuni "Big 4"
Wimbledon 2013 adalah turnamen grand slam pertama sejak Wimbledon tahun lalu, di mana "Big 4", yakni Roger Federer (17 gelar grand slam), Rafael Nadal (12), Novak Djokovic (6), dan Andy Murray (1) kembali bertanding bersama.

Nadal absen di US Open 2012 dan Australian Open 2013 karena cedera lutut, sementara Murray absen di Roland Garros karena cedera pinggang.

Dari 33 turnaman grand slam terakhir (sejak French Open 2005), sebanyak 32 di antaranya selalu dimenangi salah satu dari "Big 4". Satu-satunya yang tidak mereka menangi adalah US Open 2009 yang memunculkan Juan Martin del Potro sebagai juara.

Dominasi Empat Unggulan Teratas
Terakhir kali pemain di luar empat unggulan teratas menjuarai Wimbledon adalah 12 tahun lalu, pada 2001. Ketika itu, Goran Ivanisevic yang berada di peringkat 125 dunia dan turun dengan fasilitas wild card berhasil mengalahkan Patrick Rafter di final.

Sejak Lleyton Hewitt menjadi juara pada 2002 ketika menjadi petenis nomor satu dunia, baru ada tiga petenis yang bisa menjuarai Wimbledon, yakni Federer (7), Nadal, (2), dan Djokovic (1).

Faktanya, sejak Open Era (mulai 1968), hanya tujuh petenis di luar unggulan empat besar yang bisa menjuarai Wimbledon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Djokovic-Nadal
Sejak Roland Garros 2010, Djokovic dan Nadal total sudah memenangi 11 dari 13 turnamen grand slam. Nadal menang enam kali, sementara Djokovic lima kali. Dua gelar lainnya jadi milik Federer dan Murray.

Juara Bertahan
Federer tahun ini datang ke Wimbledon dengan predikat juara bertahan. Dia meraih gelar ketujuhnya tahun lalu setelah mengalahkan Andy Murray di final dengan 4-6, 7-5, 6-3, dan 6-4.

"The King of Grass"
Federer adalah raja lapangan rumput dengan koleksi 13 gelar juara. Rekor finalnya di lapangan jenis ini adalah 13-4 dan secara keseluruhan 121-17. Pada 2007, dia menjadi petenis kedua seteah Bjorn Borg di Open Era yang berhasil menjuarai Wimbledon lima kali berturut-turut.

Halaman:
Baca tentang


    Sumber ATP
    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.