Kompas.com - 10/06/2013, 16:58 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini

JAKARTA, KOMPAS.com - BII Maybank Bali Marathon 2013 (BMBM 2013) akan hadir di Bali, 16 Juni 2013 mendatang. Lebih dari 3.000 pelari dari 42 negara akan mengikuti lomba maraton internasional ini. Jumlah ini meningkat 50% dibanding 2.000 pelari pada tahun sebelumnya.

Untuk para peserta dalam negeri, BMBM 2013 memberi kesempatan lebih besar untuk menjadi pemenang, dengan menambah jumlah katergori. Selain kategori Nasional, akan ada kategori Master Nasional untuk usia di atas 40 tahun. Selain itu ada juga kategori Open. Total hadiah yang disiapkan panitia untuk lomba ini adalah Rp 1.508.612.000 (atau setara dengan USD 153,940).

BMBM 2013 juga memodifikasi rute lomba 10K sehingga memungkinkan peserta untuk masuk ke daerah pedesaan. Para pelari 10K juga memiliki kesempatan merasakan atmosfer yang dirasakan pelari full marathon dan half marathon.

"Maraton ini diadakan di satu kabupaten Gianyar, melibatkan 22 desa. Kita bekerjasama dengan tiap desa. Salah satunya adalah untuk penyediaan toilet yang bersih. Setiap desa, akan ada 2-3 rumah yang toiletnya bisa dipakai oleh peserta," kata Satyo Haryo, ketua panitia, dalam jumpa pers di Sentral Senayan III, Senin (10/6/2013).

Infrastruktur lomba juga diperbaiki, termasuk manajemen water station yang lebih baik sehingga dapat mengoptimalkan dukungan kepada para peserta. Traffic management juga tak luput dari perhatian agar para peserta bisa berkompetisi dengan lebih aman dan nyaman.

Sesuai standar penyelenggaraan lomba maraton internasional, BMBM 2013 juga menyelenggarakan race expo di tempat yang lebih besar, sebagai sarana bagi pelari dari berbagai penjuru dunia untuk saling berinteraksi, bukan sekadar pengambilan perlengkapan lari.

“Upaya pembenahan kualitas lomba dilakukan BII dengan memperhatikan pengalaman yang terjadi dan juga masukan dari para peserta lomba  pada penyelenggaran sebelumnya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas lomba pada BMBM 2013,” kata Dato’ Khairussaleh, Presiden Direktur PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peserta lomba ini selain dari tanah air, juga datang dari Kenya, Amerika Serikat, Etiopia, dan negara Asia lainnya. Dari Kenya, jumlah peserta mencapai 90 orang.

Dalam penyelenggaraan BMBM 2013 ini, BII juga akan menggelar lomba eksibisi kursi roda yang akan diikuti 40 peserta untuk merasakan atmosfer lomba lari maraton internasional, dengan rute sejauh 5 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.