Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedrosa Finis Kedua, Marquez Gagal Finis

Kompas.com - 03/06/2013, 03:30 WIB

MUGELLO, KOMPAS.com — Untuk kali pertama pada musim ini Honda menyelesaikan balapan hanya dengan satu pebalap yang berhasil finis. Dani Pedrosa berhasil finis kedua saat Marc Marquez tak bisa menyelesaikan balapan karena kecelakaan pada GP Italia di sirkuit Mugello, Minggu (2/6/2013).

Pedrosa memulai balapan dari posisi terdepan dan melakukan start dengan cukup baik. Namun, dia sudah harus kehilangan posisinya sebagai pimpinan balapan setelah Jorge Lorenzo melewatinya di tikungan pertama.

"Saya tidak sepenuhnya merasa nyaman dengan balapan hari ini, tetapi saya senang karena bisa meraih poin yang besar. Secara umum, ini adalah akhir pekan yang sulit. Kurangnya cengkeraman ban belakang memberi saya banyak masalah. Tetapi, meraih 20 poin dan bertahan di puncak klasemen sementara adalah sesuatu yang positif," papar Pedrosa.

Marquez yang memang memiliki gaya membalap agresif melewati Pedrosa di tikungan Savelli. Tetapi, rider 20 tahun ini mendapat kecelakaan di tempat yang sama di dua putaran berikutnya.

Hasil ini mengubur kesempatannya untuk mencatat sejarah selalu naik podium di lima seri perdana dalam kariernya sebagai rookie tahun ini. Dia juga menjadi pebalap yang paling banyak mendapat kecelakaan tahun ini, yakni tujuh kali.

"Hari ini kami mendapat DNF (tidak finis) untuk kali pertama musim ini. Tetapi, setelah tiga hari yang sulit dan kerja keras yang dilakukan, saya akhirnya merasa baik-baik saja saat balapan," kata rider yang mengalami kecelakaan parah saat sesi latihan bebas kedua, Jumat (31/5/2013).

"Saya tidak sepenuhnya mengerti kenapa jatuh (saat balapan). Saya kehilangan kendali pada ban depan maupun belakang dalam waktu bersamaan dan saya gagal mengantisipasinya. Jelas kami tidak membuat kesalahan, tetapi kami tidak boleh mencari-cari alasan.

"Kami sudah mengecek telemetry dan menunjukkan kalau saya membalap dengan kecepatan yang sama dan di lintasan yang sama. Tetapi, saya belajar dari kesalahan ini. Kami tidak boleh lupa kalau ini adalah musim pertama saya di kelas MotoGP dan sayamasih banyak belajar."

"Terlepas dari semuanya, kami masih bisa finis kedua, yang bisa jadi alasan untuk senang. Saya minta maaf kepada Honda dan tim karena mereka selalu mendukung dan telah bekerja dengan keras. Sekarang kami memusatkan perhatian pada Muntmelo dan saya tak sabar untuk membalap di sana," papar Marquez.

Balapan berikutnya atau seri keenam akan digelar di Circuit de Catalunya, Muntmelo, Spanyol, dua pekan dari sekarang.

Untuk sementara, Marquez yang gagal meraih poin di Mugello harus rela tergeser ke posisi tiga klasemen dengan 77 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com