Kompas.com - 13/05/2013, 00:30 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

SERANG, KOMPAS.com — Pertarungan sangat ketat terjadi pada hari terakhir Kejuaraan Nasional  GT Radial Savero Komodo Speed Offroad 2013, Minggu (12/5/2013), di Sirkuit Taman Wisata Tembang, Serang, Banten. Pereli internasional Rifat Sungkar dikalahkan pebalap Kalimantan Selatan Syamsuddin.               

Syamsuddin yang tertinggal 10,8 detik dari Rifat pada hari Sabtu (11/5/2013), langsung memacu mobil Polaris UTV-nya untuk mencatat waktu tercepat di kelas G3.1 delapan silinder tanpa modifikasi. Syamsuddin memanfaatkan keunggulan mobilnya dibandingkan mobil Rifat untuk memangkas selisih waktu.               

Mobil Polaris UTV Syamsuddin memiliki berat 700 kilogram dengan kekuatan 400  tenaga kuda. Mitsubishi Pajero yang dikendarai Rifat memiliki berat 1,7 ton dengan 200 tenaga kuda. Langkah Syamsuddin membuahkan hasil pada etape khusus (special stage/SS) ketiga. Syamsuddin mampu unggul 11,7 detik dari Rifat sehingga berbalik unggul 0,9 detik.

Rifat yang tidak mau kalah begitu saja membalas pada SS4. Dengan sekuat tenaga Rifat mengendalikan mobilnya agar selalu di jalur pacu dan mengurangi selip yang memboroskan waktu. Rintangan tinggi pun dilompati demi memangkas waktu.

Langkah itu membuat Rifat mencatat waktu tiga menit 47,9 detik atau unggul 0,9 detik dari Syamsuddin. Jika dihitung lebih detail, Rifat sebenarnya unggul 0,002 detik dari Syamsuddin. Namun, aturan dari IMI menyebutkan, penghitungan waktu yang dicatat hanya sepersepuluh detik sehingga kedua pebalap itu imbang.

Penentuan pemenang dilakukan berdasarkan pebalap tercepat di SS1.Dengan demikian, Syamsuddin yang dinyatakan memenangi seri kedua kejurnas speed offroad. Syamsuddin juga memenangi perlombaan kelas bebas atau free for all, dan kembali mengalahkan Rifat dengan selisih 7,1 detik.

"Saya sangat gembira dapat memenangi seri ini. Apalagi, kemenangan ini didapat dari pertarungan ketat melawan Rifat," kata Syamsuddin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rifat mengatakan, pertarungan dengan Syamsuddin memang sangat ketat. Rifat tidak mempermasalahkan kekalahannya karena sesuai aturan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.