Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rifat Pimpin Klasemen Sementara

Kompas.com - 12/05/2013, 02:52 WIB

Serang, Kompas - Pereli internasional Rifat Sungkar berhasil tampil sebagai yang tercepat dalam klasemen sementara seri kedua Kejuaraan Nasional GT Radial Savero Komodo Speed Offroad 2013, Sabtu (11/5), di Sirkuit Taman Wisata Tembang, Serang, Banten. Para pebalap lapis kedua sempat menjungkirkan pebalap papan atas di etape khusus pertama.

Rifat yang baru saja merebut podium di Reli Oregon, Amerika Serikat, tampil hati-hati saat melawan Syamsuddin dari Kalimantan Selatan pada etape khusus (special stage/SS) pertama. Tampil di kelas G3.1 delapan silinder tanpa variasi, Rifat yang mengendarai Mitsubishi Pajero memilih mengenal lintasan dengan kecepatan tidak maksimal.

Sebaliknya, Syamsuddin yang mengendarai mobil Polaris langsung tancap gas. Syamsuddin berani meloncati rintangan tinggi dan menikung dengan gesit karena mobilnya rendah sehingga jauh lebih stabil.

Pada SS1 ini, Syamsuddin mencatat waktu tiga menit 33 detik atau lebih cepat 0,9 detik dibandingkan Rifat.

Rifat membalas

Setelah mempelajari kelemahan mobilnya, Rifat membalas kekalahannya dengan tancap gas di SS2. Rifat lebih berani melompati rintangan dan menikung cepat.

”Di SS1 saya mengalami masalah dengan tikungan lebar dan rintangan tinggi. Setelah masalah teratasi, saya langsung melaju dengan cepat agar dapat menjadi yang tercepat,” kata Rifat.

Rifat finis dengan waktu tiga menit 24,6 detik atau 12,3 detik lebih cepat dibandingkan Syam-suddin. Secara keseluruhan, Rifat memimpin dengan enam menit 58,5 detik dan masih tersisa dua SS lagi, Minggu (12/5).

Di kelas G3.3 delapan silinder variasi penuh, Benjamin (DKI Jakarta) mengalahkan juara bertahan Rio Teguh (Jawa Barat). Kejutan juga terjadi pada kelas G2.3 enam silinder variasi penuh saat Riezka Donalsha mengalahkan juara bertahan TB Deyang.  (eca)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com