Kompas.com - 07/05/2013, 16:46 WIB
EditorPipit Puspita Rini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga akan mengawal opsi pemindahan lokasi Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 dari Riau ke Jakarta, pada rapat koordinasi yang diprakarsasi Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra), Rabu (8/5/2013).

"Besok jam 10.00 WIB rapat koordinasi dilakukan di Kantor Kemenkokesra, dan permasalahan ISG akan diputuskan. Secara pasti apa yang pernah saya ungkapkan akan kami kawal," kata Menpora Roy Suryo di sela peluncuran program "Merajut Indonesia" di Halaman Kemenpora Jakarta, Selasa (7/5).

Selain mengemukakan opsi pemindahan lokasi ISG dari Riau ke Jakarta, pakar telematika ini juga menggeser waktu pelaksanaan kejuaraan negara-negara Islam tersebut dari 6-17 Juni menjadi 22 September-1 Oktober.

Penggeseran lokasi ISG 2013 bukan merupakan keputusan pribadi  Menpora, melainkan hasil rekomendasi dari rapat yang dilakukan oleh Kemenpora, KOI, KONI, Panitia Nasional ISG, serta masukan dari akademisi asal Riau.

"Yang jelas sesuai dengan rekomendasi. Banyak hal yang mendukung pemindahan lokasi ISG ini. Kami tidak ingin ISG diawali di Riau diakhiri di KPK," kata pengganti Andi Mallarangeng itu.

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan, pemindahan lokasi pelaksanaan ISG 2013 didasari beberapa hal mulai dari persiapan teknis maupun kebijakan. Secara teknis, Riau dinilai belum siap karena banyak lokasi pertandingan yang tidak sesuai dengan regulasi.

Status Gubernur Riau Rusli Zainal yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, berpengaruh cukup besar dalam pembuatan kebijakan. Dengan statusnya sekaranga, Gubernur Riau akan sulit untuk menjadi penanggungjawab pelaksanaan ISG di Bumi Lancang Kuning.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami telah melakukan komunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta (Joko Widodo) terkait hal ini. Jakarta memastikan diri siap untuk menggelar ISG," kata Roy Suryo menegaskan.

Dengan ditunjuknya Jakarta sebagai lokasi ISG 2013, kemungkinan besar lokasi pertandingan akan difokuskan di kawasan Gelora Bung Karno, didukung dengan lokasi pertandingan yang ada diwilayah penyangga ibukota seperti Bogor dan lainnya.

ISG tahun ini merupakan penyelenggaraan ketiga, yang diikuti sedikitnya 57 negara dan mempertandingkan 17 cabang olahraga, di antaranya aquatik, senam, atletik, sepakbola, taekwondo, voli, angkat besi, karate, bulutangkis, pencaksilat, panahan, renang, panjat tebing, perahu naga, dan bela diri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.