Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mentalitas Suarez seperti Anak Kecil"

Kompas.com - 02/05/2013, 01:22 WIB

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Penyerang Liverpool, Luis Suarez, dinilai memiliki mentalitas seperti anak kecil oleh mantan pelatihnya, Henk Veldmate. Namun, Veldmate mengakui, Suarez adalah salah satu penyerang terbaik di dunia saat ini.

Veldmate merupakan pelatih yang memboyong Suarez ke Eropa ketika berusia 19 tahun. Penyerang asal Uruguay itu dibawa Veldmate ke klub Eredivisie, Groningen, pada 2006 sebelum hijrah ke Ajax Amsterdam dan sekarang ke Liverpool.

"Dia adalah pribadi yang telah berkembang jika melihatnya bermain sepak bola. Namun, terkadang dia memiliki mentalitas seperti anak kecil. Itulah cara dia dalam menikmati pertandingan," ujar Veldmate.

"Jika Anda membandingkan mentalitas dan perilaku seperti itu dengan pemain Belanda, maka di Amerika Selatan, itu akan seperti membicarakan hidup dan mati. Melakukan apa pun yang terbaik demi keluarga adalah cara hidup dan bertahan (di Amerika Selatan)," katanya lagi.

Meski begitu, Veldmate mengaku kagum dengan penampilan Suarez ketika pertama melihatnya bermain di Uruguay. Bahkan, ia mengaku hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk memutuskan memboyong Suarez ke Eropa.

"Dia memiliki segalanya seperti yang Anda lihat hari ini. Dia mencetak gol dan melakukan beberapa cara yang luar biasa dalam menggiring bola," tuturnya.

"Dia melakukan diving untuk memenangkan penalti. Jadi, itulah yang kami lihat dari potensi Luis dalam waktu 15 menit, dan hal yang paling penting adalah kami melihat seorang pemenang," tutup Veldmate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com