Kompas.com - 02/05/2013, 01:22 WIB
EditorHery Prasetyo

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Penyerang Liverpool, Luis Suarez, dinilai memiliki mentalitas seperti anak kecil oleh mantan pelatihnya, Henk Veldmate. Namun, Veldmate mengakui, Suarez adalah salah satu penyerang terbaik di dunia saat ini.

Veldmate merupakan pelatih yang memboyong Suarez ke Eropa ketika berusia 19 tahun. Penyerang asal Uruguay itu dibawa Veldmate ke klub Eredivisie, Groningen, pada 2006 sebelum hijrah ke Ajax Amsterdam dan sekarang ke Liverpool.

"Dia adalah pribadi yang telah berkembang jika melihatnya bermain sepak bola. Namun, terkadang dia memiliki mentalitas seperti anak kecil. Itulah cara dia dalam menikmati pertandingan," ujar Veldmate.

"Jika Anda membandingkan mentalitas dan perilaku seperti itu dengan pemain Belanda, maka di Amerika Selatan, itu akan seperti membicarakan hidup dan mati. Melakukan apa pun yang terbaik demi keluarga adalah cara hidup dan bertahan (di Amerika Selatan)," katanya lagi.

Meski begitu, Veldmate mengaku kagum dengan penampilan Suarez ketika pertama melihatnya bermain di Uruguay. Bahkan, ia mengaku hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk memutuskan memboyong Suarez ke Eropa.

"Dia memiliki segalanya seperti yang Anda lihat hari ini. Dia mencetak gol dan melakukan beberapa cara yang luar biasa dalam menggiring bola," tuturnya.

"Dia melakukan diving untuk memenangkan penalti. Jadi, itulah yang kami lihat dari potensi Luis dalam waktu 15 menit, dan hal yang paling penting adalah kami melihat seorang pemenang," tutup Veldmate.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.