Lorenzo Tidak Ubah Pendekatan untuk Hadapi Marquez

Kompas.com - 01/05/2013, 03:03 WIB
Editor

Jerez, Senin - Menghadapi ancaman Marc Marquez yang kemampuannya meroket, Jorge Lorenzo menyatakan tidak akan mengubah pendekatan konservatifnya. Juara dunia 2012 itu hanya akan bertarung habis-habisan melawan Marquez saat dirinya dalam kondisi terbaik.

”Kadang kita merasa lebih baik dan lebih kuat. Namun, adakalanya kita merasa kurang cepat. Dalam kondisi yang kurang cepat, kita harus berkepala dingin dan finis di posisi terbaik yang dapat kita raih,” kata Lorenzo, Senin (29/4), di Jerez, Spanyol.

Hal itu dikatakan Lorenzo mengenai pendekatannya saat menghadapi dua pebalap tim Repsol Honda pada seri kedua MotoGP di Texas, AS, dua pekan lalu. Kala itu, Lorenzo memilih bersikap aman di posisi ketiga saat Marquez dan Dani Pedrosa dalam kondisi terbaik dan tampil sangat cepat.

Menurut Lorenzo, di seri Amerika, dirinya berpeluang bertarung melawan Pedrosa untuk memperebutkan posisi kedua. Namun, langkah itu akan berisiko membuatnya terjatuh dan kehilangan poin-poin penting.

Pendekatan yang sama, kata Lorenzo, akan dilakukan lagi di Jerez pada akhir pekan ini jika ternyata Marquez lebih kuat dibandingkan dengan dirinya. Sebagai pendatang baru, Marquez terbukti jauh lebih efektif dan lebih cepat daripada Pedrosa, rekan senior di timnya. Akibatnya, dia dianggap target yang harus dikalahkan oleh tim Yamaha.

Di Jerez, yang disebut sebagai sirkuit idola tim Yamaha, Lorenzo yakin akan tampil maksimal. Valentino Rossi, rekan setim Lorenzo, juga menyukai Jerez dan siap tampil baik.

Tetap merendah

Sementara itu, Marquez tetap merendah dalam menanggapi berbagai pujian kepadanya. Bagi pebalap 20 tahun itu, dia harus tetap tenang dan fokus pada perlombaan. ”Kini, kami kembali berlomba di Eropa. Banyak pebalap lain yang lebih berpengalaman di sini. Kaki saya harus tetap menginjak bumi. Saya masih harus belajar dan kerja keras.”

Marquez enggan dibandingkan dengan Lorenzo, Rossi, dan Pedrosa. Apalagi, dia diunggulkan sebagai calon juara di Jerez.

Menurut juara dunia Moto2 musim 2012 tersebut, targetnya adalah finis di setiap lomba. Merebut podium adalah bonus yang berharga baginya.(motogp.com/autosport/ECA)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X