Kompas.com - 27/04/2013, 18:24 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

JAKARTA, Kompas.com - Komunitas renang Jakarta berharap perhatian dan dukungan para penggemar olah raga ini akan kembali seperti pada masa lalu.

Hal ini diungkap oleh Ketua Umum Pengprov PRSI DKI Jakarta Rudy Salahuddin dalam pemberian penghargaan buat jurnalis dan pewarta foto Kejuaraan renang Provinsi (kejurprov) DKI 2013 di kolam renang Cikini, Sabtu (27/4).

"Pada masa lalu, dari 1970-an hingga awal 2000-an, renang mampu menyedot penoton untuk datang ke stadion renang. Ini tentunya berkaitan dengan prestasi renang kita yang saat itu memang masih di atas negara-negara Asia Tenggara," kata Rudy.

"Bukan hanya di arena renang, di polo air juga saya selalu mengingat banyaknya penonton yang antusias mendukung kami bertanding. Biar pun di arena ini kan sering terjadi keributan antartim. tetapi antusiasme itu kami rasakan sebagai atlet," kata Rudy yang pernah memperkuat timnas dan DKI polo air pada 1980-an.

Menurut Rudy pula, merosotnya prestasi renang memang berakibat pula pada sepinya publikasi atau pemberitaan media. "Kita kini mungkin belum mampu menarik perhatian media massa, namun usaha ke arah itu harus dilakukan. Media merupakan hal yang sangat penting. Ini bisa kita dapat hanya dengan prestasi, bukan dengan tubuh atau wajah indah saja," katanya.

Pentingnya media ini dibenarkan mantan perenang legendaris, Richard Sam Bera. "Olah raga renang ini sifatnya individual, berbeda dengan olah raga tim. Saat kita menjadi pusat perhatian atau ekspose media, saat itulah sebagai perenang kita tahu bahwa kita ini spesial, karena kita meraihnya sendiri," ungkap Richard.

Acara kejurprov DKI 2013 berlangsung 11-13 April lalu di SOR Simprug Jakarta dan dilaksanakan oleh perkumpulan renang Millennium Aquatics, Jakarta. Dalam lomba ini, para pemenang lomba mendapat penghargaan dari sponsor seperti Miyako.

Dalam lomba penulisan ini terpilih para pemenang:
Penulisan:
1. Muh Ali Mahrus (Jawa Pos)
2. Azhari Nasution (Suara Karya)
3. Martiana Sihombing (Sportiplus.com)

Foto:
1. Umar Widodo (Warta Kota)
2. Charlie Lopolua (Indo Pos)
3. Rengga Sancaya (Detik.com)

Hadiah hiburan:
Aprelia (BOLA), Dilianto (Indo Pos), Jessica Margaretha (Top Skor)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.