Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Pecahkan Rekor Tiga Dekade Milik Spencer

Kompas.com - 22/04/2013, 03:49 WIB

AUSTIN, KOMPAS.com — Marc Marquez menobatkan dirinya sebagai pebalap termuda yang pernah menjadi juara kelas premier. Rookie MotoGP itu mengukirnya ketika memenangi GP Austin, Minggu (21/4/2013) siang waktu setempat atau Senin (22/4/2013) dini hari waktu Indonesia.

Tak perlu waktu yang lama bagi pebalap Repsol Honda itu membuat rekor tersebut. Setelah memberikan warning pada seri pembuka di Qatar dua pekan lalu, Marquez membuktikannya pada seri kedua di Circuit of the Americas (COTA). Dia melibas para kandidat juara dunia, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo, yang hanya bisa membuntutinya saat menyentuh garis finis trek baru di kalender MotoGP 2013 ini.

Sempat bertarung ketat dengan Pedrosa, yang merupakan rekan setimnya di Repsol Honda, Marquez akhirnya mampu menjadi pemenang. Saat balapan tersisa delapan lap lagi (dari total 21 lap), juara dunia Moto2 ini menyalip seniornya tersebut dan tak tersentuh lagi hingga menyentuh garis finis dengan keunggulan 1,534 detik.

Marquez pun menorehkan tinta emas dalam sejarah MotoGP karena menjadi pebalap termuda yang naik podium utama kelas premier. Dia memecahkan rekor lama yang sudah bertahan selama tiga dekade, yang dipegang mantan pebalap kelas 500 cc dari Amerika Serikat, Freddie Spencer. Ya, di usianya yang ke-20 tahun 63 hari, Marquez memenangi balapan paling bergengsi ini.

Pada tahun 1982, Spencer yang juga memperkuat tim HRC menjuarai GP Belgia. Saat itu Spencer berusia 21 tahun. Tetapi, itu merupakan musim ketiganya di kelas 500 cc karena debutnya dilakukan pada tahun 1980 bersama tim Yamaha, sebelum pindah ke Honda pada tahun berikutnya.

Spencer merupakan juara dunia dua kali kelas 500 cc, yakni pada 1983 dan 1985. Akan tetapi, Spencer memiliki rekor khusus, yaitu pernah menjadi juara dunia kelas 500 cc dan 250 cc pada tahun yang sama, yaitu pada 1985, bersama tim HRC.

Sebelum memecahkan rekor podium ini, Marquez juga sudah membuat rekor ketika meraih pole position. Lagi-lagi rekor Spencer yang dikalahkannya. Selamat, Marquez!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com