Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo: Ketiga Sudah Jadi Hasil Terbaik

Kompas.com - 21/04/2013, 06:16 WIB

AUSTIN, Kompas.com - Tim pabrik Yamaha menempati posisi ketiga dan kedelapan saat kualifikasi GP Austin di Circuit of the Americas, Sabtu (20/4/2013) siang waktu setempat atau Minggu (21/4) dini hari waktu Indonesia. Jorge Lorenzo di urutan ketiga dan Valentino Rossi kedelapan.

Yamaha mengalami kesulitan untuk mengalahkan dominasi Honda, yang memang sudah memperlihatkan potensi mereka sejak uji coba privat bulan lalu. Tak heran jika Repsol Honda menempatkan dua pebalapnya di posisi terdepan, dengan Marc Marquez sebagai peraih pole position, diikuti Dani Pedrosa.

Lorenzo, yang menjuarai seri pembuka di Qatar dua pekan lalu, mencatat waktu terbaik 2 menit 04,100 detik. Pebalap Spanyol ini lebih lambat 1,079 detik dari Marquez, yang sudah mendominasi sejak tiga hari uji coba privat, serta tiga kali latihan bebas akhir pekan ini - hanya Pedrosa yang mengalahkannya saat latihan bebas ketiga.

"Apa yang terjadi saat kualifikasi kurang lebih merupakan yang terjadi selama semua sesi: rival kami jauh lebih cepat dibandingakan kecepatan kami dan sepanjang satu lap," ujar Lorenzo.

"Hasil terbaik yang bisa kami lakukan hari ini (kualifikasi) adalah posisi ketiga, tetapi saat balapan nanti segalanya bisa terjadi. Jika sesuatu yang aneh terjadi, kami bisa bertarung memperebutkan kemenangan. Tetapi jika kondisi normal, ketiga adalah posisi yang bagus. Kami berharap balapan nanti lebih bagus daripada kualifikasi dan kami bisa lebih dekat dengan Marc dan Pedrosa."

Sementara itu Rossi, yang merupakan satu dari hanya lima pebalap prototype saat uji coba privat, mengakui dirinya sangat kesulitan. Meskipun demikian, "The Doctor" tetap berharap bisa lebih baik saat balapan.

"Kami berharap bisa lebih baik hari ini, tetapi kami tak mampu mengatasi masalah pada pengereman, terutama pada bagian pertama lap, dan saya kehilangan terlalu banyak waktu," ujar Rossi, yang dua pekan lalu menjadi runner-up di Qatar.

"Kami masih punya waktu besok; kami tahu itu selama akhir pekan ini, di trek ini, akan sulit - dan memang demikian. Kami harus melakukan balapan yang bagus dan berusaha meraih poin sebanyak mungkin semampu kami."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com