Kompas.com - 02/04/2013, 18:20 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SEMARANG, Kompas.com - Peraih dua medali emas SEA Games 2011 Agus Prayogo belum berniat pindah ke nomor lari maraton meskipun menjadi yang terbaik Asia Tenggara pada half marathon di Korea Selatan beberapa waktu lalu.

"Belum Mas, saya masih ingin menekuni nomor spesialisasi saya yaitu lari 5.000 dan 10.000 meter," kata pelari asal Kota Magelang, Jateng, ketika dihubungi dari Semarang, Selasa (2/4/2013).

Menurut pelari yang tercatat sebagai prajurit TNI AD dan berdinas di Secapa TNI AD Bandung tersebut, selama peluang meraih medali di nomor 5.000 dan 10.000 meter masih ada, dirinya belum berniat pindah ke lari maraton (42,195 kilometer).

"Nanti kalau peluang meraih medali (dalam berbagai event nasional maupun internasional) di lari 5.000 dan 10.000 meter itu sedikit, kemungkinan baru saya pindah ke lari maraton," kata ayah dari Febyolla Az Zahra tersebut.

Pada lomba lari half marathon (21 kilometer) di Korea Selatan, Minggu (31/3), Agus Prayogo berhasil menempati posisi ke-15 dengan catatan waktu satu jam delapan menit 35 detik (1:08.35). Menurut dia, dengan posisi tersebut untuk tingkat Asia Tenggara dirinya masih yang terdepan.

"Kalau di tingkat Asia Tenggara, saya masih terdepan meskipun menempati posisi ke-15," ujarnya.

Ia mengatakan catatan waktu di Korea tersebut masih jauh dari catatan waktu terbaik dirinya. Catatan waktu terbaik dirinya di nomor lari 21 kilometer adalah satu jam 06 menit 04 detik (1:06.04) yang dicapai pada lomba lari di Singapura 2009.

Keikutsertaan Agus pada lomba lari half marathon di Korea tersebut merupakan ajang uji coba pertama selama masuk pelatnas yang dipersiapkan tampil pada SEA Games 2013 Myanmar.

"Sekarang ini masih masuk fase persiapan umum sehingga saya diikutkan pada lomba lari jarak jauh dengan maksud untuk meningkatkan daya tahan tubuh," kata peraih dua emas dan satu perak di PON 2012 Riau tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.