Kompas.com - 19/02/2013, 10:31 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

MOSKWA, Kompas.com - Kota Sochi, Rusia, siap menyelanggarakan ajang balap Formula Satu pada November 2014, kata Walikota Sochi, -sebuah kota yang juga menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2014-, Anatoly Pakhomov, Senin waktu setempat.
     
"Setelah Olimpiade, Sochi akan menjadi tuan rumah balap Formula Satu pada November," kata Anatoly Pkhomov kepada Kantor Berita Rusia RIA-Novosti.  "Konstruksi sirkuit balap sudah dijadwalkan," tambahnya.
     
"Pemerintah wilayah Krasnodar tidak boleh salah dalam hal apapun di rencana ini, mengingat kehormatan negara dipertaruhkan," katanya. "Dalam menyelesaikan masalah di penyelanggaraan ini, kita tentu akan menerima bantuan dari kota tetangga maupun negara,"
     
Wakil Gubernur Krasnodar Nikolai Baturlakin memaparkan hampir 50 persen sirkuit Formula Satu di arena Olimpiade Sochi telah rampung sesuai jadwal.
     
Dalam kesepakatan yang ditandatangani pada 2010, Russia akan menjadi tuan rumah sebuah laga seri Formula Satu yang berlangsung dari 2014 hingga 2020 menggunakan infrastruktur yang juga dibangun untuk Olimpiade termasuk bentangan jalan umum.
     
Baturlakin mengatakan biaya keseluruhan dari pembangunan jalur balap dan segala infrastruktur yang terkait, dapat mencapai delapan juta rubles atau 266 juta dollar AS. "Jelas, itu proyek yang sangat mahal," katanya.
     
"Namun, mempertimbangkan semua pendapatan yang akan didapat kota dan negara dari projek ini, tentu akan menutupi semua biaya itu. Kami mengerti mengenai pentingnya proyek ini sebagaiamana balap F1 merupakan bagian dari kalangan elit di Rusia. "Ini merupakan predikat yang spesial untuk negara dengan menyelanggarakan ajang ini,"
     
Bulan Februari ini, Presiden Vladimir Putin telah bertemu Direktur Formula Satu Bernie Ecclestone di Sochi dan meyakinkannya bahwa Rusia siap menyelanggarakan ajang balap F1 di Rusia setelah Olimpiade Musim Dingin.
     
Bersama Olimpiade 2014 dan Piala Dunia 2018, penyelenggaraan ajang balap Formula Satu merupakan fokus rencana Putin untuk membuat Rusia dikenal sebagai penyelenggara ajang olahraga internasional.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.