Kompas.com - 07/02/2013, 22:29 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SEPANG, Kompas.com - Rookie MotoGP 2013 dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kecelakaan saat hari ketiga uji coba resmi pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia, Kamis (7/2/2013). Menurut juara dunia Moto2, insiden tersebut menjadi bagian penting dalam proses pembelajarannya di kelas premier.

Dalam debutnya di MotoGP, pebalap Spanyol ini langsung memperlihatkan penampilan yang sangat impresif sehingga semua mata pecinta olahraga balap motor tertuju kepadanya, di samping persaingan antara Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo, serta kembalinya legenda MotoGP ke tim Yamaha, Valentino Rossi. Di usianya yang baru 19 tahun dan belum punya pengalaman bersaing di level tertinggi, Marquez mampu menyejajarkan dirinya dengan tiga pebalap top tersebut.

Bahkan pada dua hari pertama (Selasa dan Rabu), Marquez menempati posisi ketiga, mengalahkan Rossi. Tetapi pada hari terakhir uji coba yang berlangsung di bawah kondisi cuaca sangat cerah, Marquez turun satu peringkat karena digeser Rossi. Dia mengalami mengalami kecelakaan di tikungan terakhir pada sesi pagi. Beruntung, pebalap yang terkenal sangat nekat ini tak mengalami cedera.

"Saya untuk pertama kalinya celaka dengan sebuah sepeda motor MotoGP. Tetapi kami tahu mengapa saya jatuh dan hal penting dari ini adalah bahwa memahaminya," ujar Marquez kepada situs resmi MotoGP.

"Kami tahu kecelakaan pertama ini bakal datang. Dan sekarang saya tahu sedikit lebih baik di mana limit ban depan. Jadi, perlahan demi perlahan, kami belajar mengenai sesuatu."

Setelah menjalani uji coba selama tiga hari, Marquez mendapatkan hal yang membuatnya sangat senang. Dia merasa penampilannya konsisten.

"Saya sangat senang dengan hasil yang kami peroleh selama tiga hari ini. Yang terpenting dari semuanya adalah karena saya tampil konsisten dengan catatan waktuku," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini merupakan apa yang kami cari dari uji coba ini. Hari demi hari kami mengalami peningkatan dalam catatan waktu, tetapi ini merupakan hal kedua. Yang terpenting adalah bahwa kami melakukan simulasi balapan pertama, yang membantuku untuk memahami kelas ini dan sepeda motor dengan lebih baik, dan ini memberikan banyak informasi untuk uji coba selanjutnya."

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.