Lima Klub Asing Ramaikan Liga Bulutangkis

Kompas.com - 30/12/2012, 21:38 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Liga Bulutangkis Indonesia bakal berlangsung lebih ramai dan seru dengan keiikutsertaan lima klub asing. Persaingan akan semakin ketat karena klub-klub lokal juga diperkenankan memakai jasa pemain asing.

Sesuai rencana, Liga Bulutangkis Indonesia bakal digelar tanggal 3-9 Februari 2013 di Surabaya, Jawa Timur. Klub asing yang sudah mengkonfirmasi keiikutsertaan, yakni Unisys, Renesas, dan Tonami. Ketiganya dari Jepang. Dua klub lainnya, Korean Gingseng Company dari Korea Selatan dan MayBank dari Malaysia.

"Unisys mengirim dua tim, yakni putra dan putri. Sementara Korean Gingseng dan Renesas hanya tim putra. Adapun MayBank dan Tonami hanya tim putri. Dengan tambahan klub asing ini, maka nantinya di bagian putra akan ada 10 tim putra dan delapan tim putri," kata Bambang Rudianto, Kasubid Hubungan Internasional PBSI, Minggu (30/12/2012) di Jakarta.

Tampilnya klub asing di Liga Bulutangkis Indonesia merupakan yang pertama kali. Sebelumnya, liga hanya diikuti klub-klub papan atas Indonesia yang diperkuat pemain pelatnas dan pemain asing. Liga bulutangkis digelar setiap dua tahun.

Dibanding penyelenggaraan terdahulu, peserta tahun 2013 jumlahnya lebih banyak. Pada tahun 2011 peserta terdiri dari 7 tim putra dan 6 tim putri. Di bagian putra, tim yang ikut adalah Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Tangkas Specs Jakarta, Jaya Raya Suryanaga Surabaya, SGS Elektrik Bandung, Mutiara Bandung, dan Musica Champions Kudus. Kecuali tim Musica Champions Kudus, tim-tim tersebut juga mengirimkan peserta untuk kelompok putri.

Selain pesertanya lebih banyak, jumlah hadiah yang disiapkan juga lebih besar. Tahun 2013 ini total hadiah yang diperebutkan adalah sebesar Rp 1,6 miliar.

Setiap tim boleh memakai pemain asing. Namun, pemain asing itu hanya boleh diturunkan di dua partai. Format pertandingan akan menggunakan sistem setengah kompetisi.

"Model pertandingannya seperti Piala Thomas dan Uber, yakni 3 partai tunggal dan 2 ganda," tutur Lius Pongoh, Sekretaris Liga.

Tahun lalu, pemain dunia yang hadir, di antaranya, Lee Chong Wei, Nguyen Tien Minh, Muhammad Hafiz Hashim, Hendri Saputra, Chayut Triyachart, Yao Lei, Shinta Mulia Sari, dan Cheng Shao Chieh.

"Sayangnya Lee Chong Wei tidak bisa hadir lagi. Tapi, akan ada pemain-pemain lain, seperti Kenichi Tago dan Lee Hyun Ill di bagian putra. Untuk pemain putri, Tine Baun kemungkinan akan tampil. Kami sudah membantu melobi para pemain untuk klub," kata Rudi.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X